Boladunia

Profil Takayuki Nishigaya, Pelatih Baru Timnas Singapura Mantan Murid Arsene Wenger

Takayuki Nishigaya pernah dilatih oleh Arsene Wenger

Irwan Febri Rialdi

Pelatih baru timnas Singapura, Takayuki Nishigaya. (Dok. JFA)
Pelatih baru timnas Singapura, Takayuki Nishigaya. (Dok. JFA)

Bolatimes.com - Timnas Singapura akhirnya memiliki pelatih baru. Adalah Takayuki Nishigaya yang ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Singapura untuk menjadi nahkoda baru.

Ya, ini menunjukkan bahwa Singapura masih percaya dengan sosok pelatih asal Jepang. Sebelumnya mereka dilatih oleh Tatsuma Yoshida yang mundur usai gagal di Piala AFF 2020.

"FAS hari ini mengumumkan penunjukkan Takayuki Nshigaya sebagai pelatih kepala baru timnas Singapura," dikutip dari situs resmi FAS pada Senin (25/4/2022).

"Nishigaya akan secara resmi mengambil peran barunya pada bulan Mei dan saat ini sedang menyelesaikan dokumen yang diperlukan untuk melakukan perjalanan ke Singapura," imbuh pernyataan tersebut.

Pelatih berusia 49 tahun itu mengucapkan terima kasih atas kepercayaan FAS yang mempercayakan posisi pelatih timnas Singapura kepadanya. Ia paham harapan yang bakal dipikulnya.

"Merupakan kehormatan besar untuk menjadi pelatih timnas Singapura dan saya berterima kasih atas kepercayaan dan keyakinan FAS kepada saya," ucapnya.

"Saya sepenuhnya memahami harapan berat yang datang dengan posisi ini, dan saya sangat menantikan untuk mengemban tanggung jawab dengan komitmen dan usaha penuh," sambungnya.

Lantas, siapa sebetulnya sosok Takayuki Nishigaya ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Takayuki Nisihigaya

Nishigaya lahir di Shizuoka, Jepang, pada 12 Mei 1973. Dia merupakan mantan pemain profesional yang punya cukup banyak pengalaman bermain di kompetisi Jepang.

Dia sudah bermain sepak bola sejak duduk di bangku SMP, lalu bergabung untuk bermain di Shimizu Commercial High School.

Nishigaya kemudian masuk ke Universitas Tsukuba. Setelah tiga tahun bermain sambil berkuliah di sana, dia kemudian bergabung dengan klub Liga Jepang, Nagoya Grampus Eight, pada 1996.

Nah, saat bermain di Nagoya itu, Nishigaya dilatih oleh pelatih legendaris asal Prancis, Arsene Wenger. Hanya satu musim di sana, Wenger kemudian melatih Arsenal hingga pensiun pada 2018.

Nishigaya pun cuma satu musim di sana dengan mencatatkan 35 penampilan, dia kemudian pindah ke Avispa Fukuoka.

Sosok yang dulunya bermain di posisi gelandang bertahan ini kemudian berpindah-pindah klub. Mulai dari Verdy Kawasaki yang kini menjadi Tokyo Verdy, JEF United Ichihara, hingga terakhir di Albirex Niigata.

Setelah pensiun pada 2001, Nishigaya mengabdi di almamaternya dengan menjadi asisten pelatih di Universitas Tsukuba.

Nishigaya lalu menjadi pelatih tim junior Tokyo Verdy pada 2004 hingga 2009. Dia melanjutkan karier kepelatihannya dengan menjadi manajer Universitas Meiji, lalu menjadi asisten manajer Albirex Niigata.

Pada 2013 dia sempat melatih Mito HollyHock, lalu pindah ke SC Sagamihara, dan menjadi pelatih Yamaga U18, hingga terakhir menukangi Matsumoto Yama pada 2020 hingga Juni 2021.

Pada April 2022, Takayuki Nishigaya ditunjuk menjadi pelatih Timnas Singapura. Ini menjadi kali pertama baginya berkarier di luar Jepang, sekaligus menangani tim nasional.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini