Boladunia

Mengenang Gol Leandro Velazque di Final AFC Cup 2015, Kunci Kebangkitan JDT Jadi Raja Asia

Leandro Velazque cetak gol tunggal saat JDT mengalahkan FC Istiklol 1-0 di final AFC Cup 2015.

Rauhanda Riyantama

Para pemain Johor Darul Ta'zim merayakan gol Leandro Velazque saat juara AFC Cup 2015. (Twitter)
Para pemain Johor Darul Ta'zim merayakan gol Leandro Velazque saat juara AFC Cup 2015. (Twitter)

Bolatimes.com - Penampilan impresif ditunjukkan Johor Darul Ta'zim di pentas Liga Champions Asia 2022-2023, dua laga fase grup disudahi dengan kemenangan meyakinkan atas klub-klub top China dan Korea.

Di bawah komando Benjamin Mora, Johor Darul Ta'zim sukses membabat wakil China, Guangzhou dan Ulsan Hyundai selaku raksasa Korea Selatan.

Torehan dua kemenangan membawa Johor Darul Ta'zim bertengger di puncak klasemen sementara Grup I Liga Champions Asia 2022-2023.

Performa menakjubkan JDT ini sebenarnya tak mengejutkan jika menilik performa mereka beberapa tahun ke belakang, khususnya di tahun 2015.

Di mana saat itu JDT berhasil merengkuh gelar juara Piala AFC 2015 setelah mengalahkan FC Istiklol di laga final berkat gol semata wayang Leandro Velazquez.

Momen Leandro Velazque cetak gol kemenangan Johor Darul Ta'zim atas FC Istiklol 1-0 di final AFC Cup 2015. (Twitter)
Momen Leandro Velazque cetak gol kemenangan Johor Darul Ta'zim atas FC Istiklol 1-0 di final AFC Cup 2015. (Twitter)

Digelar di Stadion Respublikansky pada 31 Oktober 2015, pertandingan berjalan ketat seiring kedua tim berusaha untuk bisa mencetak gol lebih dulu.

JDT yang diperkuat pemain timnas Malaysia seperti Safiq Rahim dan Amri Yahyah berhasil membuka keunggulan pada menit ke-23.

Lewat aksi Leandro Velazquez, bola hasil sepakan keras menyusur tanah gelandang asal Argentina ini tak mampu dibendung kiper tim tuan rumah, Nikola Stostic.

Padahal Isiklol diuntungkan sebagai tuan rumah dalam laga tersebut, namun dukunga penuh suporter tak membuat kedudukan berubah atau bahkan berbalik.

Skor 1-0 bertahingga hingga waktu normal berakhir dan wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, JDT memastikan diri sebagai tim ASEAN pertama yang mampu merengkuh trofi Piala AFC.

Rasa bangga menyelimuti Leandro setelah gol tunggal yang diciptakannya mampu membawa sejarah tersendiri untuk JDT sekaligus sepak bola ASEAN.

"Saya akan selalu mengingat gol saya untuk JDT di final Piala AFC 2015. Tapi itu sekarang di masa lalu" ucap Velazquez, dilansir dari laman resmi AFC.

"Hari ini, saya mencetak gol kenangan lainnya untuk JDT, kali ini di ACL. Saya ingin mencetak lebih banyak gol dan membantu JDT tampil baik di turnamen," imbuhnya.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini