Boladunia

4 Pemain Bintang yang Kariernya Hancur usai Gabung Manchester City

Karier 4 pemain bintang ini meredup setelah berseragam Manchester City, siapa saja mereka?

Rauhanda Riyantama

Jack Rodwell ketika membela Manchester City. (Andrew Yates/AFP)
Jack Rodwell ketika membela Manchester City. (Andrew Yates/AFP)

Bolatimes.com - Manchester City memang gemar mendatangkan pemain top sejak kali pertama diakuisisi Sheikh Mansour pada 2008 silam, namun tak sedikit mereka yang didatangkan justru mengalami nasib buruk.

Merekrut pemain top menjadi cara instan dalam membangun tim kuat, hal itulah yang dilakukan Manchester City sejak dibeli konglomerat asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour.

Hasilnya Manchester City saat ini menjadi tim yang disegani di Liga Inggris dan kompetisi internasional dengan sederet gelar prestisius kompetisi dalam negeri.

Akan tetapi, dari sekian banyak pemain bintang yang dibeli Man City ada pula pemain yang justru mengalami penurunan karier dan bahkan hancur berantakan.

Berikut empat pemain yang mengalami nasib buruk dan kariernya hancur usai memutuskan bergabung dengan Manchester City.

1. Jack Rodwell

Jack Rodwell datang ke Manchester City sebagai sosok yang digadang-gadang jadi andalan gelandang timnas Inggris setelah sukses menarik perhatian selama empat musim bersama Everton.

Namun potensinya seolah lenyap setelah memutuskan bergabung Man City di musim 2012-2013, Rodwell gagal bersaing dengan pemain lain di samping cedera yang dialaminya.

Selama dua musim bermain untuk The Citizen, Rodwell hanya bermain sebanyak 25 penampilan dan akhirnya dilepas ke Sunderland pada musim 2014-2015.

Kariernya semakin hancur setelah usianya memasuki 30 tahun, kini Rodwell berstatus tanpa klub usai sebelumnya bermain untuk Sheffield United dan Blackburn Rovers.

2. Scott Sinclair

Datang sebagai pemain top dengan kualitas kelas wahid saat memperkuat Swansea City, Scott Sinclair sukses menorehkan 31 gol dari 96 pertandingan.

Meski begitu pemain yang didatangkan Manchester City di tahun 2011 gagal membuat Roberto Mancini terkesan, ia hanya bermain sebanyak 15 kali dan tanpa mencetak satu gol.

Performanya anjlok hingga membuat Sinclair dipinjamkan ke West Brom dan Aston Villa selama dua musim selanjutnya, dan di musim 2015-2016 baru dipermankan Aston Villa.

Kini Sinclair bermain untuk kontestan kasta kedua Liga Inggris, Divisi Championship, Preston North End.

3. Wilfried Bony

Berstatus striker berbahaya dari Swansea City, Wilfried Bony didatangkan Man City pada paruh kedua musim 2014-2015.

Namun Bony seolah tak mampu bersaing dengan penyerang Man City lainnya, Bony hanya bisa mencetak 11 gol dalam 46 laga di semua kompetisi.

Hanya satu setengah musim bertahan di Etihad, Bony kemudian dipinjamkan ke Stoke City pada musim 2016-2017 dan akhirnya kariernya benar-benar hancur.

Pesepak bola yang saat ini berusia 32 tahun berstatus tanpa klub setelah sebelumnya bermain untuk beberapa klub Arab Saudi dan Qatar.

4. Stevan Jovetic

Didatangkan dari Fiorentina dengan mahar sekitar 25 juta poundsterling, Stefan Jovetic gagal memperlihatkan kualitasnya.

Pesepak bola asal Montenegro ini hanya sebenarnya moncer di Serie A dengan catatan 27 gol dari 58 penampilan bersama Fiorentina.

Namun Jovetic seolah lenyap setelah dipinang Man City pada musim 2013-2014, ia hanya memainkan 30 penampilan dan hanya mencetak 8 gol dalam dua musim.

Tepat di musim 2015-2016, Jovetic dilepas dan menjadi kutu loncat ke sejumlah klub Eropa, mulai dari Inter Milan, Sevilla, AS Monaco hingga Hertha Berlin.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini