Profil Oliver Glasner, Pelatih yang Sukses Bawa Eintracht Frankfurt Jegal Barcelona

Glasner sukses meracik strategi yang membuat Barcelona tak berdaya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 16 April 2022 | 18:00 WIB
Pelatih Eintracht Franfurt, Oliver Glasner. (Ronny Hartmann/AFP)

Pelatih Eintracht Franfurt, Oliver Glasner. (Ronny Hartmann/AFP)

Bolatimes.com - Keberhasilan Eintracht Franfurt melaju hingga fase semifinal Liga Eropa 2021/2022 tak terlepas dari tangan dingin pelatihnya, Oliver Glasner.

Oliver Glasner memang memiliki rekam jejak yang cukup apik sebagai pelatih, meskipun namanya tak begitu mentereng.

Yang terbaru, Oliver Glasner sukses mengantarkan Eintracht Frankfurt menumbangkan Barcelona pada babak perempat final Liga Eropa 2021/2022.

Baca Juga: Kembali Gabung Tim Senior Ipswich Town, Elkan Baggott Banjir Dukungan

Pada laga leg pertama, Eintracht Frankfurt sukses menahan imbang 1-1, lalu menang 3-2 saat bertanding di markas Barcelona pada laga leg kedua.

Dengan hasil ini, Eintracht Frankfurt unggul secara agregat dengan skor 3-4. Anak asuh Oliver Glasner pun sukses melenggang ke semifinal Liga Eropa dan akan berjumpa West Ham United.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Oliver Glasner, pelatih Eintracht Frankfurt

Baca Juga: Senyap di Bursa Transfer, Berikut Daftar Pemain Persis Solo yang Bertahan Jelang Liga 1 Musim Depan

Oliver Glasner merupakan manajer asal Salzburg, Austria, yang tercatat lahir pada 28 Agustus 1974 Saat masih aktif bermain, posisinya adalah sebagai pemain bertahan.

Awal kariernya bermula bersama SV Riedau, lalu bergabung ke SV Ried pada 1993, yang berkompetisi di kasta kedua Liga Austria.

Pada 1995, ia promosi ke Austria Bundesliga. Tiga musim berselang, tepatnya pada 1997/1998, ia sukses merah gelar Piala Austria bersama SK Ried.

Baca Juga: Tak Cuma Bertanding, Barcelona U-18 dan Atletico Madrid U-18 Senang Berwisata di Jakarta

Ia sempat kembali turun ke kasta kedua untuk memperkuat LASK pada 2003/2004, tapi kembali ke Ried satu musim kemudian dan membawa timnya promosi pada 2005.

Namun, kariernya harus berakhir pada tahun 2011. Sebab, ia harus menjalani operasi mata dan dokter menyarankan untuk pensiun dari sepak bola.

Akhirnya, ia mengakhiri perjalanannya selama 16 tahun sebagai pemain dan mencatatkan lebih dari 500 pertandingan di kompetisi resmi.

Baca Juga: Kepada Media Korea Selatan, Shin Tae-yong Ungkap Persamaan Dirinya dengan Park Hang-seo

Klub pertama yang menggunakan jasanya sebagai pelatih ialah Red Bull Salzburg sebagai asisten Roger Schmidt. Lalu, pada 2014/2015, ia mengasuh mantan klubnya, SV Ried, sebagai pelatih kepala.

Semusim berselang, dia bergabung dengan LASK sebagai Direktur Olahraga sekaligus pelatih. Glasner pun membantu klub ini promosi ke kasta tertinggi pada 2016/2017.

Pada musim 2017/2018, ia sukses membawa timnya menduduki peringkat keempat klasemen akhir Liga Austria dan mengikuti babak kualifikasi untuk Liga Eropa.

Karena kesuksesannya bersama LASK, Jorg Schmidt meminta GLasner untuk melatih VfL Wolfsburg di Bundesliga. 

Pada musim pertamanya di Bundesliga, Glasner sukses membawa Wolfsburg lolos ke Liga Eropa. Musim berikut nya, Wolfsburg finis di peringkat empat dan ikut Kualifikasi Liga Champions.

Pada Mei 2021, Eintracht Frankfurt mengumumkan Glasner sebagai pelatih kepala dengan durasi kontrak selama tiga tahun hingga 30 Juni 2024.

Setelah melewati masa-masa sulit, Glasner pun akhirnya mampu membawa Eintracht Frankfurt menjadi klub yang disegani.

Bahkan, ia sukses membawa anak asuhnya melaju hingga fase semifinal Liga Eropa 2021/2022 setelah menumbangkan Barcelona di perempat final.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak