Boladunia

Profil Oliver Glasner, Pelatih yang Sukses Bawa Eintracht Frankfurt Jegal Barcelona

Glasner sukses meracik strategi yang membuat Barcelona tak berdaya

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Eintracht Franfurt, Oliver Glasner. (Ronny Hartmann/AFP)
Pelatih Eintracht Franfurt, Oliver Glasner. (Ronny Hartmann/AFP)

Bolatimes.com - Keberhasilan Eintracht Franfurt melaju hingga fase semifinal Liga Eropa 2021/2022 tak terlepas dari tangan dingin pelatihnya, Oliver Glasner.

Oliver Glasner memang memiliki rekam jejak yang cukup apik sebagai pelatih, meskipun namanya tak begitu mentereng.

Yang terbaru, Oliver Glasner sukses mengantarkan Eintracht Frankfurt menumbangkan Barcelona pada babak perempat final Liga Eropa 2021/2022.

Pada laga leg pertama, Eintracht Frankfurt sukses menahan imbang 1-1, lalu menang 3-2 saat bertanding di markas Barcelona pada laga leg kedua.

Dengan hasil ini, Eintracht Frankfurt unggul secara agregat dengan skor 3-4. Anak asuh Oliver Glasner pun sukses melenggang ke semifinal Liga Eropa dan akan berjumpa West Ham United.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Oliver Glasner, pelatih Eintracht Frankfurt

Oliver Glasner merupakan manajer asal Salzburg, Austria, yang tercatat lahir pada 28 Agustus 1974 Saat masih aktif bermain, posisinya adalah sebagai pemain bertahan.

Awal kariernya bermula bersama SV Riedau, lalu bergabung ke SV Ried pada 1993, yang berkompetisi di kasta kedua Liga Austria.

Pada 1995, ia promosi ke Austria Bundesliga. Tiga musim berselang, tepatnya pada 1997/1998, ia sukses merah gelar Piala Austria bersama SK Ried.

Ia sempat kembali turun ke kasta kedua untuk memperkuat LASK pada 2003/2004, tapi kembali ke Ried satu musim kemudian dan membawa timnya promosi pada 2005.

Namun, kariernya harus berakhir pada tahun 2011. Sebab, ia harus menjalani operasi mata dan dokter menyarankan untuk pensiun dari sepak bola.

Akhirnya, ia mengakhiri perjalanannya selama 16 tahun sebagai pemain dan mencatatkan lebih dari 500 pertandingan di kompetisi resmi.

Klub pertama yang menggunakan jasanya sebagai pelatih ialah Red Bull Salzburg sebagai asisten Roger Schmidt. Lalu, pada 2014/2015, ia mengasuh mantan klubnya, SV Ried, sebagai pelatih kepala.

Semusim berselang, dia bergabung dengan LASK sebagai Direktur Olahraga sekaligus pelatih. Glasner pun membantu klub ini promosi ke kasta tertinggi pada 2016/2017.

Pada musim 2017/2018, ia sukses membawa timnya menduduki peringkat keempat klasemen akhir Liga Austria dan mengikuti babak kualifikasi untuk Liga Eropa.

Karena kesuksesannya bersama LASK, Jorg Schmidt meminta GLasner untuk melatih VfL Wolfsburg di Bundesliga. 

Pada musim pertamanya di Bundesliga, Glasner sukses membawa Wolfsburg lolos ke Liga Eropa. Musim berikut nya, Wolfsburg finis di peringkat empat dan ikut Kualifikasi Liga Champions.

Pada Mei 2021, Eintracht Frankfurt mengumumkan Glasner sebagai pelatih kepala dengan durasi kontrak selama tiga tahun hingga 30 Juni 2024.

Setelah melewati masa-masa sulit, Glasner pun akhirnya mampu membawa Eintracht Frankfurt menjadi klub yang disegani.

Bahkan, ia sukses membawa anak asuhnya melaju hingga fase semifinal Liga Eropa 2021/2022 setelah menumbangkan Barcelona di perempat final.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini