Boladunia

5 Transfer Termahal Jelang Liga 1 2022/2023, Tembus Rp5,8 Miliar

Berikut daftar transfer termahal jelang bergulirnya Liga 1 musim 2022/2023.

Rauhanda Riyantama

Evan Dimas saat diperkenalkan sebagai pemain baru Arema FC. (Instagram/@aremafcofficial)
Evan Dimas saat diperkenalkan sebagai pemain baru Arema FC. (Instagram/@aremafcofficial)

Bolatimes.com - Berikut transfer termahal jelang Liga 1 musim 2022-2023 sejauh ini, di mana posisi transfer dengan nilai pasar termahal masih dipegang oleh penggawa asing.

Jelang bergulirnya Liga 1 musim 2022-2023, 18 klub mulai berbenah dengan membongkar komposisi skuatnya untuk menyongsong musim baru.

Bongkar pasang skuat ini identik dengan melepaskan pemain yang habis kontraknya ataupun pemain yang tak lagi masuk dalam rencana pelatih.

Tak hanya melepas pemain, setiap klub juga melakukan perekrutan pemain untuk menambah kekuatan dan kedalaman skuat.

Sejak Liga 1 musim 2021-2022 berakhir, beberapa tim melakukan pergerakan yang cenderung agresif untuk merekrut pemain.

Sebagai contoh ada Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC hingga PSIS Semarang melakukan pergerakan dengan merekrut para pemain bintang di musim lalu.

Dari sekian banyak transfer pemain bintang di Liga 1 sejauh ini, beberapa di antaranya melibatkan pemain dengan nilai pasar yang terbilang wah.

Karena nilai pasar pemain yang wah itu, para pemain ini pun kemudian memegang status transfer termahal yang dilakukan oleh klub Liga 1 sejauh ini.

Dari para pemain bintang yang ada, kira-kira siapa pemain yang punya nilai pasar mahal dan berpindah klub jelang Liga 1 2022-2023 ini?

5. Rachmat Irianto

Aksi Rachmat Irianto saat Indonesia kalahkan Kamboja 4-2 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Aksi Rachmat Irianto saat Indonesia kalahkan Kamboja 4-2 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Gelandang muda Timnas Indonesia, Rachmat Irianto menjadi salah satu pemain dengan nilai pasar termahal yang berganti klub jelang Liga 1 2022-2023.

Anak dari Bejo Sugiantoro itu berpindah klub dari Persebaya Surabaya ke Persib Bandung. Alasan dirinya hijrah dari Bajul Ijo karena tekanan suporter yang mengarah ke aksi teror.

Rachmat Irianto sendiri memiliki nilai pasar cukup mahal, yakni mencapai Rp4,7 miliar. Namun kepindahannya ke Persib disebutkan tak melibatkan biaya transfer.

4. Adam Alis

Dengan nilai pasar yang sama dengan Rachmat Irianto, yakni Rp4,7 miliar, Adam Alis masuk dalam daftar pemain dengan nilai transfer termahal yang berganti klub jelang Liga 1 2022-2023.

Pemain berusia 28 tahun tersebut resmi berganti seragam klub dari Bhayangkara FC ke Arema FC jelang Liga 1 2022-2023 nanti.

Adam Alis menjadi salah satu deretan pemain lokal top yang didatangkan Arema FC. Apalagi dirinya punya status mentereng, yakni sebagai winger yang cepat dan tajam.

3. Evan Dimas

Empat pemain baru Arema FC, Evan Dimas, Adam Alis, Gian Zola hingga Andik Rendika Rama. (Instagram/aremafcofficial)
Empat pemain baru Arema FC, Evan Dimas, Adam Alis, Gian Zola hingga Andik Rendika Rama. (Instagram/aremafcofficial)

Di posisi ketiga ada nama Evan Dimas, pemain dengan nilai pasar mencapai Rp5 miliar yang juga berganti klub jelang Liga 1 2022-2023.

Bersama dengan Adam Alis, pemain berusia 27 tahun itu didatangkan oleh Arema FC dari Bhayangkara FC.

Evan Dimas punya label sebagai pemain berlabel tim nasional serta playmaker lokal yang andal dan juga punya visi bermain apik.

2. Ciro Alves

Tak hanya Rachmat Irianto saja pemain Persib yang masuk daftar ini. Masih ada nama Ciro Alves yang punya nilai pasar mencapai Rp5,4 miliar.

Ciro Alves didatangkan oleh Persib secara gratis, usai mantan pemain tim nasional Brasil U-20 itu memutuskan angkat kaki dari Tira Persikabo.

Besarnya nilai pasar Ciro Alves sendiri tak lepas dari kemampuannya yang mampu mencetak 20 gol dan tujuh assist sepanjang Liga 1 2021-2022.

1. Taisei Marukawa

Taisei Marukawa pakai jersey PSIS Semarang saat pulang ke Jepang. (Instagram/@yoyok_sukawi)
Taisei Marukawa pakai jersey PSIS Semarang saat pulang ke Jepang. (Instagram/@yoyok_sukawi)

Pemain dengan nilai pasar termahal yang berganti klub jelang Liga 1 2022-2023 adalah Taisei Marukawa, dengan nilai pasar mencapai Rp5,8 miliar.

Taisei Marukawa berganti klub dari Persebaya Surabaya ke PSIS Semarang, tepat sesaat setelah Liga 1 musim 2021-2022 menjalani partai terakhir.

Tingginya nilai pasar Marukawa tak lepas dari kontribusinya, di mana ia mencetak 17 gol dan 10 assist di musim debutnya di Indonesia bersama Persebaya pada Liga 1 2021-2022.

Berita Terkait

Berita Terkini