Boladunia

Profil Raul Albiol, Bek Gaek Villarreal yang Sukses Matikan Robert Lewandowski

Lewandowski mati kutu dikawal Albiol

Irwan Febri Rialdi

Bek Villarreal, Raul Albiol, kala berduel melawan Robert Lewandowski. (Christof Stache/AFP)
Bek Villarreal, Raul Albiol, kala berduel melawan Robert Lewandowski. (Christof Stache/AFP)

Bolatimes.com - Villarreal secara mengejutkan mampu menyingkirkan Bayern Munchen pada babak perempat final Liga Champions 2021/22. Raul Albiol lantas menjadi sosok penting di balik kesuksesan ini.

Kepastian ini didapatkan tim "Kapal Selam Kuning" usai meraih hasil imbang 1-1 pada leg kedua yang berlangsung, Rabu (13/4) dini hari WIB.

Dengan hasil ini, Villarreal lolos ke semifinal dengan kemenangan agregat 2-1. Raul Albiol lantas muncul sebagai Man of the Match usai tampil kokoh di lini belakang Villarreal.

Pemain berusia 36 tahun tersebut mampu membuat striker tajam macam Robert Lewandowski tak berkutik, meski pada akhirnya memang mampu mencetak 1 gol di laga ini.

Gol Lewandowski pada akhirnya tidak berarti setelah Villarreal menyamakan skor lewat Samuel Chukwueze di menit 88.

Adapun, Albiol menyebut bahwa dia harus mengeluarkan kemampuan terbaiknya. "Biasanya, penyerang dengan level ini merupakan yang terbaik di Eropa. Kami harus menyesuaikan diri dengan levelnya. Dia menuntut saya agar berada di kondisi terbaik dan fokus selama 90 menit," ujarnya.

Lantas, siapa sebetulnya Raul Albiol yang tampil apik di laga melawan Bayern Munchen ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Raul Albiol

Ronaldo dan Albiol ketika sama-sama di Real Madrid. (Dok. Fantagazzetta).
Ronaldo dan Albiol ketika sama-sama di Real Madrid. (Dok. Fantagazzetta).

Sosok dengan nama lengkap Raul Albiol Tortajada ini lahir di Vilamarxant, Spanyol, pada 4 September 1985. Dia memulai karier sepak bola sejak dini dengan bergabung bersama dua klub lokal di kampung halamannya.

Dia kemudian pindah ke akademi Valencia saat berusia 10 tahun. Sejak 1997 dia berjuang, akhirnya menjalani debut di tim utama pada 2003.

Albiol lantas mulai reguler masuk ke tim utama Valencia pada musim 2004/05. Dia mencatatkan total 135 penampilan di Valencia dengan meraih satu gelar Copa del Rey dan satu trofi Liga Europa.

Di kariernya bersama Valencia, Albiol sempat dipinjamkan ke Getafe di musim 2004/05. Dia mencatatkan 19 penampilan di semua ajang.

Berkat penampilan apiknya di Valencia, Albiol diboyong oleh Real Madrid pada 2009 dengan biaya 15 juta euro. Selama 4 musim di sana, Albiol sukses memberikan 1 gelar Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol dari 119 penampilan.

Dari Madrid, Raul Albiol melanjutkan kariernya ke Italia dengan bergabung ke Napoli via transfer 12 juta euro. Albiol menghabiskan 6 musim di Napoli dengan 236 penampilan dan memberikan satu gelar Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

Di musim 2019/20, Raul Albiol pulang ke Spanyol dengan menerima pinangan Villarreal. Dia sejauh ini sudah mencatatkan 121 penampilan dengan membawa The Yellow Submarine meraih gelar Liga Eropa 2020/21.

Untuk kariernya di level tim nasional, Raul Albiol menjalani debut di Timnas Spanyol pada 2007. Dia kini sudah mengantongi 58 penampilan dan menjadi bagian dari tim yang meraih gelar Piala Dunia 2010 dan 2 kali juara Euro di tahun 2008 dan 2012.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini