Boladunia

Punya Wajah Boros, Ini 5 Pesepak Bola yang Pernah Dituding Lakukan Pencurian Umur

Berikut 5 pesepak bola yang ditudinng pernah palsukan umur karena punya wajah terlalu tua.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi penyerang Chelsea, Romelu Lukaku usai bobol gawang Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris. (GLYN KIRK / AFP)
Selebrasi penyerang Chelsea, Romelu Lukaku usai bobol gawang Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris. (GLYN KIRK / AFP)

Bolatimes.com - Pencurian umur kerap terjadi di sepak bola. Hal ini biasanya dilakukan demi mendapat keuntungan menyoal pemain yang didaftarkan pada sebuah turnamen.

Hal-hal seperti ini biasanya menjadi rahasia umum di turnamen-turnamen usia dini--yang sebetulnya punya pengaruh buruk untuk masa depan karier seorang pemain.

Sialnya, ada beberapa pesepak bola dunia yang sebetulnya tidak melakukan pencurian umur, tetapi justru dianggap melakukan tindakan ilegal ini.

Penyebabnya umumnya biasanya adalah paras mereka yang dianggap "lebih tua" dari usia mereka saat ini. Siapa saja para pemain ini? Berikut ulasannya.

1. Charlie Adam

Daftar dimulai dengan mantan pemain Liverpool berkebangsaan Skotlandia, Charlie Adam. Dengan usianya yang saat ini 36 tahun, mantan pemain Stoke City ini punya penampilan lebih tua.

Hal ini dikarenakan kepalanya yang terlihat lebih botak. Meski sudah berusia 36 tahun, Charlie Adam masih aktif bermain untuk klub kampung halamannya, Dundee FC.

2. Jay Spearing

Masih dari mantan pemain Liverpool, pemain yang dianggap mencuri umur adalah Jay Francis Spearing. Usianya kini sudah mencapai 33 tahun.

Jebolan akademi The Reds ini masih aktif bermain dengan membela Tranmere Rovers.

3. Joseph Minala

Saat Joseph Minala bermain untuk Lazio ketika masih berusia 18 tahun. Situs di Senegal, Senego.net, sempat mengklaim bahwa Minala sudah berusia 40 tahun.

Namun, tuduhan itu tidak pernah terbukti benar. Minala yang saat ini masih berusia 25 tahun bermain untuk klub Serie C, Lucchese 1905.

4. Diego Costa

Dengan wajah yang sangar dan penuh brewok, Diego Costa sempat dianggap melakukan pencurian umur. Namun, pemain berpaspor Spanyol itu tak pernah terbukti melakukan hal tersebut.

Sosok yang kini berusia 33 tahun tersebut tercatat tidak memiliki klub sekarang dan berstatus free agent. Terakhir kali Costa bermain untuk klub Brasil, Atletico Mineiro.

5. Romelu Lukaku

Punya perawakan yang tinggi besar, Lukaku juga sempat dianggap melakukan pencurian umur karena bentuk fisiknya yang jauh berbeda dengan pemain-pemain di usianya saat itu.

Meski begitu, Lukaku tidak pernah terbukti melakukan hal tersebut. Pemain berusia 28 tahun itu kini membela Chelsea.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini