Termasuk Jack Grealish, Berikut 5 Pesepak Bola Top yang Pilih Ganti Timnas

Sebelum berseragam Timnas Inggris, Jack Grealish diketahui pernah mendapat panggilan memperkuat Republik Irlandia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 06 April 2022 | 12:30 WIB
Jack Grealish cetak gol saat Inggris melumat Andorra 5-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. (LIONEL BONAVENTURE / AFP)

Jack Grealish cetak gol saat Inggris melumat Andorra 5-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. (LIONEL BONAVENTURE / AFP)

Bolatimes.com - Bukan hal baru jika pesepak bola kelas dunia memilih pindah negara, banyak alasan yang melatar belakangi mereka melakukan hal tersebut.

Kebanyakan alasan pemain top memilih ganti negara biasanya karena ingin bermain untuk tim nasional, terlepas dari performa mereka di klub.

Bermain untuk tim nasional memang memiliki banyak keuntungan, selain dari sisi pribadi sang pemain yang mendapatkan kebanggaan tersendiri.

Baca Juga: Hasil Drawing SEA Games 2021: Timnas Indonesia vs Vietnam Jadi Laga Pembuka

Berikut ini beberapa pemain yang memutuskan pindah kewarganegaraan.

1. Jack Grealish

Aksi Jack Grealish mencetak gol perdana di Manchester City. (ADRIAN DENNIS / AFP)
Aksi Jack Grealish mencetak gol perdana di Manchester City. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Siapa sangka jika Jack Grealish ternyata tak hanya menarik minat timnas Inggris agar mendapatkan jasanya.

Baca Juga: Ditahan Imbang Timnas Futsal Indonesia, Pelatih Thailand: Mereka Menyebabkan Banyak Masalah

Nama Jack Grealish naik ke permukaan saat ia membela Aston Villa dan tampil luar biasa, namun pengorbanan besar pernah dilakukan Jack.

Dua kali panggilan timnas Republik Irlandia ia tolak, dengan alasan hanya untuk fokus dengan karier di klubnya saat masih merintis karier.

Namun, kejutan diberi Jack saat tiba-tiba bermain untuk timnas Inggris di level internasional resmi, rupa-rupanya sang pemain merupakan kelahiran Birmingham.

2. Ivan Rakitic

Dua tim nasional pernah dibela Ivan Rakitic, eks gelandang Barcelona ini pernah bermain untuk timnas Swiss junior.

Namun saat memasuki level senior, Ivan Rakitic justru bermain untuk timnas Kroasia setelah saat itu bakatnya menarik minat Slaven Bilic.

Kualitas Rakitic ditunjukkan saat Piala Dunia 2018, di mana ia sukses membawa Kroasia melaju hingga partai final ajang empat tahunan yang digelar di Rusia itu.

3. Diego Costa

Diego Costa (Sumber: Twitter)
Diego Costa (Sumber: Twitter)

Dilema pernah dirasakan Diego Costa di tahun 2013, setelah saat itu mantan pemain Atletico Madrid ini mendapat panggilan dua tim nasional sekaligus, Brasil dan Spanyol.

Diego Costa merupakan pemain kelahiran Brasil, tetapi juga memiliki kewarganegaraan Spanyol di bulan Juli tahun 2013 saat itu.

Meskipun pada akhirnya Costa memilih Spanyol sebagai negaranya dan menjadi bagian timnas Spanyol dalam beberapa tahun setelahnya.

4. Kalidou Koulibaly

Kalidou Koulibaly merupakan kapten timnas Senegal yang sukses membawa tim tersebut merengkuh gelar juara Piala Afrika 2021.

Siapa sangka bek setia Napoli ini pernah bermain untuk timnas Prancis di ajang Piala Dunia U-20. Namun ia memutuskan pindah kewarganegaraan dan memilih Senegal pada September 2015 silam.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

Pemain Barcelona Pierre-Emerick Aubameyang dan Pedri merayakan gol saat lawan Galatasaray di leg kedua Piala Europa di Ali Sami Yen Spor Kompleksi di Istanbul pada 17 Maret 2022 waktu setempat. (KEMAL ASLAN / AFP).
Pemain Barcelona Pierre-Emerick Aubameyang dan Pedri merayakan gol saat lawan Galatasaray di leg kedua Piala Europa di Ali Sami Yen Spor Kompleksi di Istanbul pada 17 Maret 2022 waktu setempat. (KEMAL ASLAN / AFP).

Karier mentereng Aubameyang sempat membuat Italia kepincut memasukannya ke dalam skuat tim nasional, meskipun eks pemain Arsenal ini kelahiran Prancis.

Aubameyang dikabarkan juga berhak membela tim nasional Spanyol setelah mendapatkan kewarganegaraan tersebut.

Meskipun pada akhirnya Aubameyang lebih memilih bermain untuk Timnas Gabon setelah mengetahui bahwa sang ayah menjadi kapten di tim tersebut.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak