10 Negara yang Paling Banyak Kirim Pemain Sepak Bola ke Luar Negeri, Brasil Masih Tak Ada Duanya

Brasil jadi negara yang paling banyak ekspor pemain sepak bola.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 22 Maret 2022 | 17:00 WIB
Timnas Brassil di Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)

Timnas Brassil di Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)

Bolatimes.com - Berikut daftar negara yang paling banyak mengekspor pemain ke luar negeri, di mana negara-negara Eropa banyak mendominasi daftar ini.

Pilihan berkarier di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang sangat diinginkan oleh seluruh pesepak bola di berbagai belahan dunia.

Selain untuk menambah pengalaman, berkarier di luar negeri juga membantu seorang pesepak bola mendapatkan penghasilan yang wah.

Baca Juga: Takut Ketinggalan Pesawat, Franco Morbidelli Tunggangi Motor Polisi di Mandalika

Hal ini seperti yang terlihat dewasa ini, di mana para pesepak bola, khususnya di Eropa, mendapat bayaran besar mencapai ratusan miliar rupiah per tahunnya.

Selain karena masalah finansial, ketenaran juga menjadi salah satu tujuan bagi pesepak bola sehingga memilih berkarier di luar negeri.

Maka tak mengherankan jika setiap pesepak bola berlomba-lomba menampilkan yang terbaik agar bisa menembus liga di luar negaranya dan bahkan menembus Eropa.

Baca Juga: Elkan Baggott Dipanggil Tim Utama, Ipswich Town Nyaris Menang Lawan Oxford United

Laga Brasil vs Argentina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendadak dihentikan. (NELSON ALMEIDA / AFP)
Laga Brasil vs Argentina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendadak dihentikan. (NELSON ALMEIDA / AFP)

Berbicara soal pemain yang berkarier di luar negeri, banyaknya pemain yang berkiprah di negara orang terkadang menjadi barometer majunya sepak bola suatu negara.

Semakin banyak pemain yang berkarier di luar negeri, semakin maju pula tim nasional yang dimiliki, karena banyaknya pengalaman yang akan didapatkan oleh pemain tersebut.

Pengalaman berkarier di luar negeri ini pun, kemudian akan memberikan keuntungan untuk tim nasionalnya berkiprah di level internasional.

Baca Juga: Profil Rafid Habibie, Cucu Presiden BJ Habibie yang Jadi Pesepak Bola

Maka jangan heran jika beberapa negara di bawah ini, memiliki tim nasional yang kuat karena banyak mengirimkan pemainnya berkarier di luar negeri.

Dilansir dari CIES Football Observatory, berikut negara yang paling banyak mengekspor pemain ke negara lainnya.

1. Brasil

Baca Juga: Profil Zian Zigaz, Eks Pemain Persita Tangerang yang Jadi Vokalis Band

Brasil menjadi negara yang paling banyak mengekspor pemainnya ke berbagai negara dengan jumlah mencapai 1330 pemain. Jumlah ini membuktikan bahwa negeri Samba merupakan negara penghasil pesepak bola andal.

2. Prancis

Negara juara Piala Dunia 2018 lalu ini juga tak kalah banyak dalam mengirimkan pemainnya ke luar negeri. Total 867 pemain asal negara tersebut yang berkarier di luar Prancis.

3. Argentina

Tak hanya Brasil, negara Amerika Latin lainnya yang gencar mengekspor pemain adalah Argentina. Total ada 820 pemain yang berkarier di luar negeri, termasuk di Liga Indonesia.

4. Serbia

Serbia yang hanya memiliki 6,9 juta penduduk ini masuk dalam lima besar negara yang aktif mengirimkan pemain ke luar negeri. Setidaknya ada 458 pemain yang berkarier di luar Serbia.

5. Inggris

Para pemain Inggris tak hanya berkarier di kompetisi dalam negeri. Sekitar 431 pemain bahkan menjadi andalan dan berkarier di luar negaranya.

6. Spanyol

Juara Dunia Piala Dunia 2010 lalu itu juga banyak mengekspor pemainnya ke berbagai negara. Total ada 427 pemain, di mana salah satunya adalah bomber haus gol Liga 1, Youssef Ezzejjari.

7. Jerman

Tak afdol rasanya bila tak memasukkan Jerman sebagai negara penghasil pesepak bola andal. Total negeri Industri ini telah mengirimkan 394 pemain ke berbagai benua.

8. Kolombia

Pemain asal Kolombia pun terbukti disenangi oleh berbagai negara. Hal ini terbukti dari 382 pemainnya yang berkiprah di negara lain, menyusul pencapaian Brasil dan Argentina.

9. Nigeria

Nigeria menjadi satu-satunya wakil Afrika di daftar ini, di mana negara yang tim nasionalnya berjuluk Super Eagles ini mengekspor 361 pemain.

10. Kroasia

Runner Up Piala Dunia 2018 lalu, Kroasia juga banyak menghasilkan pesepak bola berbakat. Buktinya, ada 324 pemain asal Kroasia yang berkiprah di luar negeri.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak