Fakta Seputar Timnas Rusia yang Resmi Dicoret dari Piala Dunia 2022

Timnas Rusia resmi dicoret dari Piala Dunia 2022 buntut invasi ke Ukraina yang saat ini tengah berlangsung.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 19 Maret 2022 | 17:30 WIB
Timnas Rusia Kalahkan Mesir (Sumber: twitter)

Timnas Rusia Kalahkan Mesir (Sumber: twitter)

Bolatimes.com - Timnas Rusia harus merasakan getir setelah resmi dicoret dari Piala Dunia 2022 Qatar buntut invasi negaranya ke Ukraina.

Invasi ke Ukraina yang digalakkan Vladimir Putin beberapa pekan silam, memberikan dampak besar ke berbagai sektor. Salah satunya adalah sepak bola.

Karena tindakan orang nomor satu di negeri Beruang Merah itu, baik klub dan tim nasional Rusia mendapat sanksi dari UEFA dan juga FIFA.

Baca Juga: Kocak, Sandy Walsh Beri Semangat Jordi Amat Pakai Bahasa Jawa Jelang Duel di Liga Belgia

Salah satu klub Rusia, Spartak Moskow, harus menerima sanksi dari UEFA atas tindakan negaranya itu, dengan ditendang dari babak 16 besar Liga Europa 2021-2022.

Ditendangnya Spartak Moskow ini lantas memberikan keuntungan ke RB Leipzig yang kemudian lolos otomatis ke babak perempat final.

Sedangkan FIFA juga tak ketinggalan dengan memberikan sanksi ke Timnas Rusia. Induk sepak bola dunia ini melarang tim berjuluk Sbornaya ini berpartisipasi di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Link Live Streaming Persik Kediri vs Barito Putera, Kick Off Sore Ini 15.15 WIB

Padahal, Timnas Rusia sendiri telah lolos ke semifinal Play Off zona Eropa dan akan menghadapi Polandia dalam dua leg demi meraih tiket ke ajang empat tahunan itu.

Polandia yang jadi lawannya turut menolak bertanding melawan Rusia di babak Play Off akibat invasinya ke Ukraina itu.

Selain Polandia, Republik Ceko yang berada dalam satu Bracket juga enggan berhadapan dengan Rusia jika nantinya kedua tim bertemu.

Baca Juga: Tampil Impresif, Mario Suryo Aji Start Baris Terdepan Moto3 Mandalika

Alhasil, Timnas Rusia lewat federasinya, RFU, mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) usai dicoret oleh FIFA.

Rusia. (Sumber: Twitter/@WorldcupFIFA).
Rusia. (Sumber: Twitter/@WorldcupFIFA).

Banding Ditolak

Nyatanya, usaha Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) mengajukan banding agar tetap bisa tampil di Piala Dunia 2022 mendapat penolakan dari CAS.

Baca Juga: Momen Comeback Kevin/Marcus atas Wakil India di Perempatfinal All England, Bikin BWF Ikut Takjub

Penolakan yang dilakukan CAS terhadap banding RFU itu otomatis membuat Timnas Rusia dipastikan tak akan tampil di Piala Dunia 2022 nanti.

Dalam laman resminya, CAS menuliskan bahwa mereka menolak permintaan RFU yang ingin menangguhkan larangan Timnas Rusia serta klubnya bermain di ajang internasional.

“Presiden Divisi Arbitrase Banding Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) telah menolak permintaan yang diajukan oleh Federasi Sepak bola Rusia (RUF),” bunyi pernyataan CAS.

“Oleh karena itu, keputusan yang ditentang tetap berlaku dan semua tim dan klub Rusia tetap ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA,” lanjut pernyataan itu.

Ditolaknya banding tersebut alhasil membuat Rusia tak bisa berbuat banyak. Kesempatan untuk tampil di Piala Dunia 2022 Qatar pun harus pupus.

Apalagi, dalam waktu dekat sepak bola Eropa akan menjalani babak Play Off Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat kalender FIFA memasuki jeda internasional.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB

UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

boladunia | 12:30 WIB

Adapun jadwal playoff Euro 2024 akan dilaksanakan pada Maret mendatang, tiga di antara 12 tim nantinya akan lolos ke turnamen final di Jerman.

boladunia | 10:24 WIB

Laga timnas Indonesia vs Vietnam merupakan matchday ketiga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Kamis (21/3/2024) kickoff 20.30 WIB.

boladunia | 14:04 WIB

Berikut 5 negara yang diprediksi sebagai calon kuat juara Euro 2024, satu di antaranya sukses tampil bagus di babak kualifikasi Piala Eropa ini.

boladunia | 13:24 WIB

Pertandingan babak semifinal Piala Asia antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan itu berakhir dengan skor 2-0.

boladunia | 08:47 WIB

Ajang UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa akan segera bergulir, dan Jerman terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara mulai dari 14 Juni sampai 14 Juli.

boladunia | 11:58 WIB

Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024, usai terpilih menjadi penyelenggara Kejuaraan Eropa UEFA edisi ke-17 dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, pada 27 September 2018.

boladunia | 11:37 WIB

UEFA Euro 2024 akan berlangsung di 10 kota di Jerman, dengan pertandingan babak penyisihan grup dilaksanakan dalam tiga kelompok tempat regional.

boladunia | 10:42 WIB
Tampilkan lebih banyak