5 Konglomerat Rusia yang Punya Klub Sepak Bola, Tak Ada yang Disanksi seperti Abramovich

Berikut deretan konglomerat Rusia yang juga punya klub sepak bola seperti Abramovich.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 15 Maret 2022 | 14:30 WIB
Pemilik AS Monaco, Dmitry Rybolovlev. (FRANCK FIFE / AFP)

Pemilik AS Monaco, Dmitry Rybolovlev. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Melihat deretan konglomerat asal Rusia yang berstatus pemilik klub sepak bola ternama dari berbagai belahan dunia.

Belakangan nama Roman Abramovich menjadi perbincangan karena dirinya mendapat sanksi dari pemerintah Inggris.

Sanksi yang diberikan pemerintah Inggris kepada Abramovich dikarenakan dirinya merupakan oligarki dan punya kedekatan dengan Kremlin atau pemerintahan Rusia.

Baca Juga: Mantan Striker Chelsea dan Timnas Inggris Beri Ucapan Ultah untuk Persib Bandung

Sebagaimana diketahui, Rusia tengah menjadi sorotan karena melancarkan invasi ke Ukraina. Invasi ini pun menuai kontra dari banyak pihak.

Karenanya, nama Abramovich yang punya hubungan dekat dengan Kremlin, terutama Vladimirn Putin, menjadi sorotan.

Apalagi ditambah bocornya sebuah dokumen yang dibacakan oleh anggota parlemen Inggris, Chris Bryant yang menyebut bahwa Abramovich terlibat dengan aksi korupsi dan suap untuk mendapat pengaruh politik.

Baca Juga: Agenda Pembalap MotoGP Mandalika 2022: Parade Bareng Jokowi hingga Balapan

Karena dosa yang ia miliki serta kedekatannya dengan Putin, pemerintah Inggris pun mengambil keputusan untuk membekukan aset yang ia miliki.

Bos Chelsea, Roman Abramovich. [BEN STANSALL / AFP]
Bos Chelsea, Roman Abramovich. [BEN STANSALL / AFP]

Salah satu aset yang dibekukan adalah Chelsea, yang merupakan klub Inggris yang dimiliki Abramovich sejak 2003.

Karena Abramovich, Chelsea pun mendapat beragam sanksi seperti larangan menjual tiket, merchandise, memperpanjang kontrak pemain dan juga jual beli pemain.

Baca Juga: Bak Cacing Kepanasan, Media Italia Ketar-ketir Emil Audero bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Nyatanya, musibah nahas yang didapat Chelsea tak berlaku ke klub-klub sepak bola lainnya yang dimiliki oleh taipan asal Rusia.

Kira-kira, klub mana saja yang dimiliki oleh taipan asal negeri Beruang Merah itu?

1. Dmitry Rybolovlev (AS Monaco dan Cercle Brugge)

Baca Juga: Jadwal Liga 1 Hari Ini, Ada Bigmatch Bali United vs Arema FC

Dmirty Rybolovlev merupakan salah satu pengusaha yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Rusia.

Tercatat dirinya merupakan pemilik dua klub papan atas Eropa, yakni AS Monaco dari Prancis dan Cercle Brugge dari Belgia.

Rybolovlev mengakuisisi AS Monaco pada 2011 silam, saat situasi keuangan tim tersebut tengah terpuruk. Hal serupa juga berlaku untuk Cercle Brugge yang sempat terdampat di kasta kedua Liga Belgia.

2. Maxim Demin (AFC Bournemouth)

Maxim Demin pemilik klub Bournemouth. (The Sun)
Maxim Demin pemilik klub Bournemouth. (The Sun)

Di Inggris, selain Abramovich ada pula miliarder asal Rusia yang memiliki klub sepak bola. Sosok itu adalah Maxim Demin selaku pemilik AFC Bournemouth.

Pengusaha minyak ini mengakuisisi klub berjuluk The Cherries tersebut pada 2011 silam. di tangannya, Bournemouth mampu promosi ke kasta teratas, kendati kini berada di kasta kedua.

Meski sama-sama dari Rusia, Maxim Demin tak mendapat sanksi seperti Abramovich karena dirinya memegang paspor Inggris.

3. Valeriy Oyf (Vitesse Arnhem)

Bagi pendukung Chelsea, tentu tak asing dengan Vitesse Arnhem. Pasalnya, klub asal Belanda ini bak ‘adik’ bagi The Blues, di mana hampir seluruh pemain muda lulusan akademi Cobham, dipinjamkan ke klub tersebut.

Sosok di balik hubungan baik Chelsea dan Vitesse ini adalah Valeriy Oyf, yang tak lain merupakan salah satu orang terdekat Abramovich.

Meski Abramovich kena sanksi, Valeriy Oyf tetap bisa melenggang dengan Vitesse dikarenakan adanya perbedaan kebijakan antara Inggris dan Belanda.

4. Anton Zingarevich (Botev Plovdiv)

Anton Zingarevich pemilik klub Reading. (getreading)
Anton Zingarevich pemilik klub Reading. (getreading)

Di Inggris, tak hanya Abramovich dan Maxim Demin saja pengusaha yang memiliki klub. Ada nama Anton Zingarevich pula yang memiliki Reading.

Hanya saja, kepemilikan ini hanya bertahan hingga 2019. Hal ini kemudian diteruskan oleh sang anak, Anton Zingarevich yang juga turun untuk mengakuisisi klub.

Namun berbeda dengan sang ayah, Anton memilih mengakuisisi klub dari Bulgaria, yakni Botev Plovdiv, tepat setelah sang ayah melepas Reading.

5. David Traktovenko (Sydney FC)

Pengusaha Rusia banyak terinspirasi dari sosok Abramovich saat mengakuisisi Chelsea. Salah satunya adalah David Traktovenko yang memiliki Sydney FC sejak 2006.

Traktovenko sendiri sebelumnya hanya menguasai 22 persen saham Sydney FC. Namun secara bertahap kepemilikan sahamnya melonjak hingga 100 persen.

Sebelum terjun sebagai pemilik klub sepak bola, Traktovenko sempat berkecimpung di manajemen klub raksasa Rusia, yakni Zenit St Petersburg sebagai direktur.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak