Deretan Pemain Asal Ukraina dan Rusia yang Pernah Berkarier di Indonesia

Berikut daftar pemain asal Ukrainan dan Rusia yang pernah berkarier di Liga Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:00 WIB
Striker Persipura Jayapura, Yevhen Bokhashvili. (Instagram/@persipurapapua1963)

Striker Persipura Jayapura, Yevhen Bokhashvili. (Instagram/@persipurapapua1963)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain Rusia dan Ukraina sempat mencicipi atmosfer Liga Indonesia. Ini akan jadi pembahasan menarik di tengah gencarnya invasi Rusia terhadap Ukraina.

Dampak yang telah terjadi akibat konflik dua negara ini meluas. Sepak bola adalah salah satu sektor yang berdampak.

Di sejumlah turnamen di Eropa, klub-klub asal Rusia mulai tak bisa berlaga di turnamen bergengsi. Lebih dari itu, mereka juga terancam dikeluarkan dari FIFA dan UEFA.

Baca Juga: Positif Covid-19 usai Tersingkir dari German Open 2022, Jonatan Christie Sampaikan Pesan Menyentuh

Terlepas dari kondisi panasnya konflik Rusia dan Ukraina, mari kita bahas siapa saja pemain kedua negara ini yang bermain di sepak bola Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Sergei Litvinov

Litvinov pernah bermain di Liga Indonesia pada 2011. Selama kurang lebih tiga tahun, ia bermain untuk Solo FC, Persikab Bandung, dan PSLS Lhokseumawe.

Baca Juga: Chelsea Ditinggal Sponsor usai Roman Abramovich Disanksi, Logo Angka '3' Segera Hilang

Namun, Litvinov punya cerita kurang menyenangkan di musim 2014. Ketika itu, dirinya sempat tak dibayarkan gajinya oleh PSLS.

Akibatnya, Litvinov terpaksa banting stir menjadi penjual jus buah. Dan kondisi itu sempat viral dan membikin heboh.

Tak sampai di sana, Litvinov yang tak memiliki uang yang cukup untuk pulang ke Rusia, harus dideportasi karena masa visa kerjanya habis. Alhasil, ia dideportasi.

Baca Juga: Sudah Seminggu, Begini Kabar Terbaru Naturalisasi Emil Audero Mulyadi

2. Yevgen Budnik

Pada musim 2020, Persita dan Budnik resmi mengikat kerja sama. Namun demikian, pemain berdarah Ukraina ini hanya mencicipi Liga 1 sebanyak 3 pertandingan saja.

Mulai masuknya COVID-19 ke Indonesia, ditambah kompetisi Liga 1 ditangguhkan nyaris setahun, membuat Budnik berlabuh ke FC Uratu. Diketahui, klub yang disebutkan barusan adalah mantan klubnya sebelum ke Persita.

Baca Juga: Kocak, Begini Potret Jordi Amat dan Sandy Walsh andai Pakai Jersey Timnas Indonesia

Terkini,  Budbik bermain untuk Karpaty Lviv. Klub ini diketahui bermain di Liga Ukraina kasta kedua.  

3. Yevhen Bokhashvili

Yevhen Bokhashvili saat ini bermain untuk Persipura Jayapura. Karier pemain Ukraina ini terbilang moncer di Liga Indonesia.

Sebelum di Persipura, ia sempat ke Pahang saat Liga 1 diberhentikan karena COVID-19. Namun jauh sebelumnya, ia merasakan sukses bersama PSS Sleman selaku klub pertamanya di Indonesia.

4. Evgeni Kabaev

Buat penggemar Persija, Kabaev mungkin tak asing. Sebab, pada 2015, ia sempat bermain di Persija Jakarta.

Hanya, penyerang Rusia yang kini berusia 34 tahun itu tak lama di Ibu Kota yakni 7 bulan saja. Setelahnya dia berpindah-pindah klub dan kini bermain di Chiangmai FC di Liga Kasta Kedua Thailand.

(Kontributor: Kusuma Alan)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB

UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

boladunia | 12:30 WIB

Adapun jadwal playoff Euro 2024 akan dilaksanakan pada Maret mendatang, tiga di antara 12 tim nantinya akan lolos ke turnamen final di Jerman.

boladunia | 10:24 WIB

Laga timnas Indonesia vs Vietnam merupakan matchday ketiga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Kamis (21/3/2024) kickoff 20.30 WIB.

boladunia | 14:04 WIB

Berikut 5 negara yang diprediksi sebagai calon kuat juara Euro 2024, satu di antaranya sukses tampil bagus di babak kualifikasi Piala Eropa ini.

boladunia | 13:24 WIB

Pertandingan babak semifinal Piala Asia antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan itu berakhir dengan skor 2-0.

boladunia | 08:47 WIB

Ajang UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa akan segera bergulir, dan Jerman terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara mulai dari 14 Juni sampai 14 Juli.

boladunia | 11:58 WIB

Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024, usai terpilih menjadi penyelenggara Kejuaraan Eropa UEFA edisi ke-17 dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, pada 27 September 2018.

boladunia | 11:37 WIB

UEFA Euro 2024 akan berlangsung di 10 kota di Jerman, dengan pertandingan babak penyisihan grup dilaksanakan dalam tiga kelompok tempat regional.

boladunia | 10:42 WIB
Tampilkan lebih banyak