Segini Harta Kekayaan Roman Abramovich yang Putuskan Jual Chelsea

Roman Abramovich

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Kamis, 03 Maret 2022 | 11:45 WIB
Bos Chelsea Roman Abramovich. [AFP]

Bos Chelsea Roman Abramovich. [AFP]

Bolatimes.com - Roman Abramovich memutuskan untuk menjual Chelsea dengan harga fantastis buntut invasi militer Rusia ke Ukraina. Total harta kekayaan Roman Abramovic mengundang tanya.

Tak hanya dikenal sebagai pemilik klub papan atas Liga Inggris Chelsea, Roman Abramovich merupakan seorang taipan asal Rusia. Ia memiliki sejumlah aset di negara bekas Uni Soviet tersebut.

Menjadi salah satu miliader berpengaruh di Rusia dan Eropa, kekayaan Roman Abramovich dilaporkan mencapai 12,5 miliar euro.

Baca Juga: Obrolan Shin Tae-yong dan Pratama Arhan Sebelum Gabung Tokyo Verdy

Di Rusia, Abramovich adalah politisi sekaligus pemilik utama perusahaan investasi swasta Millhouse LLC. Kariernya di kancah politik mencatatkan jejak pernah menjabat sebagai gubernur di Provinsi Chukotka di wilayah Rusia paling timur. 

Media-media barat memberitakan bahwa kekayaan Roman Abramovich hilang Rp 9,7 triliun setelah invasi Rusia menurunkan harga saham perusahaan tambangnya Evraz. Harga saham perusahaan tersebut turun 29% dari sebelum konflik. 

Ancaman kehilangan kekayaan juga datang dari salah satu anggota Parlemen Inggris, Chris Bryant. Dalam sebuah kicauan di Twitter, Bryant menyatakan tak ada satu orang pun dari Rusia, negara penyebab konflik yang boleh memiliki klub sepak bola di Inggris. Abramovich pun dipaksa hengkang dari kepemilikannya terhadap Chelsea.

Baca Juga: Shin Tae-yong Tak Bisa Pastikan Emil Audero Mau Gabung Timnas Indonesia

Sebelumnya konglomerat ini membeli The Blues pada medio 2003 dengan harga 140 juta poundsterling atau setara Rp2,6 triliun. Setelah berada di tangannya, klub asal kota London itu berhasil membeli pemain berkelas hingga beberapa kali menjuarai Liga Inggris dan Liga Champion Eropa. 

Selain bersama Chelsea, Abramovich juga terlibat dalam bisnis sepak bola di Rusia. Dia mensponsori kedatangan pelatih kenamaan berkebangsaan Belanda Guus Hiddink untuk melatih Rusia. Abramovich juga menjadi penyumbang dana utama yayasan Rusia yang dikenal sebagai Akademi Sepak Bola Nasional.

Akademi tersebut menjadi sponsor program olahraga untuk remaja se-Rusia dengan membangun lapangan sepak bola di berbagai daerah di penjuru Rusia. Yayasan ini juga menyediakan dana untuk mendatangkan pelatih, buku-buku olahraga, dan mengirim pemain remaja berbakat ke klub profesional di Belanda, Spanyol, dan Inggris. 

Baca Juga: Satu Kata Emil Audero Mulyadi di Tengah Kabar Naturalisasi Timnas Indonesia

Di balik kesuksesannya menjadi pengusaha, Abramovich yang lahir 24 Oktober 1966 dibesarkan dalam situasi konflik Uni Soviet. Dia tumbuh sebagai yatim piatu sejak berusia dua tahun. Ibunya meninggal karena sakit dan ayahnya yang seorang Yahudi mengalami kecelakaan kerja. 

Teranyar, Abramovich disebut terpaksa melepas Chelsea. Menurut laporan BBC, Abramovich melepas The Blues dengan nilai 3 miliar poundsterling (sekitar Rp57 triliun).

(Suara.com/Nadia Lutfiana Mawarni)

Baca Juga: Skuat Terbaik, Shin Tae-yong bakal Panggil Semua Pemain Abroad untuk Tampil di SEA Games 2021

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak