Nasib Buruk Timnas Rusia, Dicoret FIFA hingga Gagal ke Piala Dunia 2022

Mimpi Rusia tampil di Piala Dunia 2022 Qatar kandas.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Selasa, 01 Maret 2022 | 14:30 WIB
Timnas Rusia Kalahkan Mesir (Sumber: twitter)

Timnas Rusia Kalahkan Mesir (Sumber: twitter)

Bolatimes.com - Timnas Rusia harus merasakan imbas dari invasi yang dilakukan negaranya ke Ukraina. Pasalnya, invasi itu membuat tim berjuluk The en Eagle ini harus dicoret dan mengubur mimpi tampil di Piala Dunia.

FIFA mengambil langkah tegas setelah mendapat desakan dari berbagai elemen di kancah sepak bola. Induk sepak bola dunia ini memberikan sanksi kepada Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) atas konflik yang terjadi belakangan ini.

Sebagaimana diketahui, dunia tengah dihebohkan dengan tindakan Rusia yang melancarkan invasi ke Ukraina, buntut atas konflik antar kedua negara.

Baca Juga: 3 Kemenangan Terbesar Persija atas Persib, Pesta Gol Tanpa Balas

Invasi ini pun membuat berbagai negara di belahan dunia naik pitam terhadap Rusia dan menuntut semua badan di berbagai sektor menghukum negeri Beruang Merah.

Karenanya dari dunia sepak bola, FIFA mengambil keputusan dengan mencoret tim nasional Rusia dari panggung Piala Dunia yang ada di bawah naungannya.

Hal ini pun menjadi kabar buruk bagi sepak bola Rusia. Pasalnya, The en Eagle sendiri masih punya peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Jejak Emil Audero Mulyadi Buka Peluang untuk Timnas Indonesia Ketimbang Timnas Italia

Rusia sendiri berhasil melaju ke babak Play Off dan akan berhadapan dengan Polandia di semifinal Play Off sebelum memperebutkan tiket di partai final.

Sayangnya, sanksi yang diberikan FIFA ini membuat mimpi Rusia tampil di Piala Dunia 2022 Qatar pada November mendatang harus terkubur dalam-dalam.

Atas sanksi dari FIFA ini, Polandia otomatis melaju ke final dan akan berhadapan dengan pemenang antara Swedia dan Republik Ceko untuk memperebutkan tiket lolos ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Emil Audero akan Dinaturalisasi, Sang Ayah Pernah Ungkap Kata-kata Pedas

UEFA Ikut Memberi Sanksi

Nyatanya, tak hanya FIFA saja yang memberikan sanksi. UEFA selaku induk sepak bola Uni Eropa juga memberikan sanksi ke Rusia.

Hanya saja, UEFA hanya memberikan sanksi kepada tim-tim asal Rusia. Dengan kata lain, tim-tim asal negeri Beruang Merah tak bisa bermain di kompetisi di bawah naungan induk sepak bola Uni Eropa itu.

Baca Juga: Profil Emil Audero, Kiper Sampdoria yang Akan Bertemu Agen PSSI untuk Bela Timnas Indonesia

Sebagai contoh ada Spartak Moskow yang telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Europa 2021-2022 musim ini.

Karena adanya sanksi dari FIFA, Spartak Moskow harus rela langkah mereka terhenti di babak tersebut dan tak bisa melanjutkan kiprahnya di Liga Europa.

Sanksi yang didapat Spartak Moskow ini membuat tim asal Jerman, RB Leipzig diuntungkan dan berhak lolos ke babak perempat final tanpa harus mengeluarkan keringat untuk bertanding.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak