Boladunia

Sadio Mane dan Mohamed Salah yang Tak Minum Alkohol, Disanjung Jurgen Klopp

Klopp ikut ketiban berkah karena kebiasaan Mane dan Salah tidak minum alkohol.

Rauhanda Riyantama

Dua penyerang Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane berangkulan. (OLI SCARFF / AFP)
Dua penyerang Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane berangkulan. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp memuji kebiasaan dua pilarnya, Sadio Mane dan Mohamed Salah yang tak pernah minum alkohol, sehingga memberi pengaruh pada ketahanan fisik keduanya.

Belum lama ini, Liverpool harus ditinggal dua pilarnya yakni Sadio Mane dan Mohamed Salah selama satu bulan lebih karena keduanya bermain di Piala Afrika 2021.

Baik Sadio Mane dan Mohamed Salah sama-sama harus absen lama karena keduanya mampu membawa negara masing-masing, Senegal dan Mesir, menembus babak final.

Di partai final Piala Afrika 2021 yang berlangsung pada 7 Februari lalu, Senegal keluar sebagai juara usai mengalahkan Mesir via drama adu penalti.

Pasca berakhirnya Piala Afrika, Sadio Mane dan Mohamed Salah pun kembali ke Liverpool untuk membela klub asal Merseyside tersebut.

Psywar Mo Salah dan Sadio Mane saat Senegal dapat hadiah penalti. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)
Psywar Mo Salah dan Sadio Mane saat Senegal dapat hadiah penalti. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Mohamed Salah lebih dulu kembali dan bahkan langsung tampil bagi Liverpool sebagai pemain pengganti saat berhadapan dengan Leicester City, Jumat (11/02/22).

Dua hari berselang, giliran Sadio Mane yang kembali dan langsung tampil sebagai starter saat Liverpool bertandang ke markas Burnley, Minggu (13/02/22).

Jika dihitung, baik Sadio Mane dan Mohamed Salah sama-sama kembali ke Liverpool pasca final Piala Afrika hanya dalam kurang dari satu minggu.

Sebagai pesepak bola profesional, rentang waktu tersebut terbilang singkat. Apalagi, keduanya harus menempuh perjalanan udara yang terbilang lama untuk kembali ke Inggris.

Hal ini rupanya membuat Jurgen Klopp selaku sang pelatih takjub. Pelatih asal Jerman ini bahkan membeberkan resep mengapa kedua bintangnya itu selalu fit dan jarang terlihat kelelahan.

Berkah Tak Mengkonsumsi Alkohol

Dalam sesi wawancaranya, Jurgen Klopp mengaku takjub dengan kondisi Sadio Mane dan Mohamed Salah yang tetap fit kendati belum lama ini bertanding di Piala Afrika dan menempuh perjalanan jauh.

Tak hanya Klopp, beberapa penikmat sepak bola pun juga dibuat takjub. Hal ini lantas membuat seorang jurnalis menanyakan perihal fitnya kondisi Sadio Mane dan Mo Salah.

“Mereka tidak minum (alkohol), jadi mereka fit setelah pertandingan. Keduanya punya kekuatan alami, dan semoga mereka tetap seperti itu selamanya,” ujar Klopp dikutip dari Goal Internasional.

“Untuk Mo (Salah) itu beberapa hari (setelah Piala Afrika), Sadio seminggu karena ada perayaan di antaranya, yang mana itu baik-baik saja. Saya tak terkejut,” lanjutnya.

Selebrasi penyerang Liverpool, Mohamed Salah usai bobol gawang Inter Milan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)
Selebrasi penyerang Liverpool, Mohamed Salah usai bobol gawang Inter Milan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Baik Sadio Mane dan Mohamed Salah sama-sama tak mengkonsumsi alkohol karena keduanya merupakan seorang muslim, bersama rekan setim lainnya, Naby Keita.

Ketiga pemain ini tak pernah menyentuh alkohol dalam hidupnya. Bahkan, saat Liverpool menjuarai Premier League, perayaannya menggunakan Champagne yang tak mengandung alkohol demi menghormati ketiga pemain itu.

“Champagne-nya tak mengandung alkohol saat pengangkatan trofi karena Mohamed Salah dan Mane. Di kamar ganti, tak ada pula Champagne,” ujar kapten Liverpool, Jordan Henderson.

Pada 2017 silam, Sadio Mane juga mengatakan bahwa tak meminum alkohol menjadi salah satu alasan mengapa staminanya tetap terjaga dan kondisi tubuhnya selalu fit.

“Saya berlatih di Gym, dua kali dalam sepekan. Itu sangat penting. Saya melakukan sesi cepat, saya paham tubuh saya dan apa yang terbaik untuk tubuh saya,” ujar Mane dikutip dari The Sun.

“Saya memiliki koki yang memasak untuk saya, saya senang memakan makanan sehat. Saya tidak minum (alkohol) dan tak pernah mencobanya sepanjang hidup saya. Saya juga tak merokok,” lanjutnya.

(Kontributor: Zulfikar Pamungkas)

Berita Terkait

Berita Terkini