5 Fakta Menarik Tijjani Reijnders, Eks Belanda U-20 Calon Pemain Timnas

Shin Tae-yong resmi mengajukan Tijjani Reijnders ke PSSI untuk dinaturalisasi. Mari berkenalan dengan pemain tersebut

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 11 Februari 2022 | 13:00 WIB
Gelandang AZ Alkmaar Tijjani Reijnders. [Instagram/@tijjanir]

Gelandang AZ Alkmaar Tijjani Reijnders. [Instagram/@tijjanir]

Bolatimes.com - PSSI berencana membidik Tijjani Reijnders untuk membela Timnas Indonesia. Pemain yang disebutkan barusan adalah pengganti Kevin Diks dan Mees Hilgers yang urung dinaturalisasi.

Munculnya nama Tijjani Reijnders sejatinya sudah dilontarkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Sosok Korea Selatan itu memang gencar mencari pemain keturunan.

Sebelum berbicara jauh soal Tijjani Reijnders, ada baiknya pembaca Bolatimes terlebih dahulu menyimak fakta-fakta menariknya:

Baca Juga: Bukan COVID-19, Netizen Malaysia Anggap Indonesia U-23 Mundur karena Takut

1. Tijjani Reijnders Keturunan Belanda-Indonesia

Tijjani Reijnders punya darah Indonesia yang mengalir dari tubuhnya. Itu dia dapatkan dari sang ibu yang berasal dari Maluku.

Adapun, sang ayah adalah sosok kelahiran Balanda. Dan setali tiga uang, darah sepak bola Tijjani Reijnders mengalir dari sang ayah.

Baca Juga: 3 Hal Fatal yang Bikin Timnas Indonesia Batal Main di AFF U-23 2022

2. Sudah Kenal Sepak Bola Sejak Usia 5 Tahun

Sejak usia 5 tahun Tijjani Reijnders sudah masuk akademi sepak bola. Pada 2003, dirinya bergabung dengan WVF selama 4 tahun.

Setelahnya, Tijjani Reijnders masuk ke FC Zwole. Di sana dirinya menjalani pendidikan sepak bola selama 4 tahun.

Baca Juga: 5 Dampak Positif di Balik Mundurnya Indonesia dari Piala AFF U-23 2022

Pada 2011, Tijjani Reijnders pindah ke FC Twente. Pada usia 13 tahun itu, dirinya mulai mengasah skill olah bolanya sebagai pemain pro.

Pada usia 19 tahun, Tijjani Reijnders resmi menjadi bagian dari AZ Alkmaar. Dirinya yang enam tahun sebelumnya berpindah-pindah akademu sepak bola akhirnya mendapat kontrak pro.

3. Sempat Dipanggil Timnas Belanda U-20

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Batal Ikut Piala AFF, Ronaldo Kwateh Tulis Pesan Haru

Karier gemilang Tijjani Reijnders di Belanda membikin Timnas Belanda U-20 kepincut. Dirinya kemudian mendapatkan debutnya saat jumpa Timnas Italia U-20.

Bersama Timnas Belanda, Tijjani Reijnders sudah tampil 3 kali. Di level klub, dirinya sudah tampil 28 kali dengan 2 gol dan 2 assist.

4. Bisa Bermain di Sejumlah Posisi

Tijjani Reijnders merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang. Namun, statistik mencatat, pemain kelahiran 1998 ini adalah pemain serba bisa.

Dari 28 laga di pentas domestik, Tijjani Reijnders sudah 12 kali main sebagai gelandang tengah, tujuh kali sebagai gelandang bertahan, dan lima kali sebagai gelandang serang.

Reijnders juga bisa beroperasi di pos sayap. Tercatat, dirinya bermain tiga kali di posisi winger kanan dan satu kali di winger kiri.

5. Shin Memang Butuh Pemain Serba Bisa

Menyongsong Kualifikasi Piala Asia, Shin mendapatkan bahwa skuat Timnas Indonesia masih butuh pemain. Untuk itu nama Tijjani Reijnders dirasa cocok.

Melihat apa yang terjadi di Piala AFF 2020 yakni dengan banyaknya lubang yang mesti ditutup, rasanya Tijjani Reijnders adalah pilihan tepat.

Kontributor: Kusuma Alan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak