Boladunia

Mayoritas Positif Covid, Timnas Wanita India Dicoret dari Piala Asia Wanita

Banyak pemain India yang dilaporkan positif Covid-19.

Rauhanda Riyantama

Timnas Wanita India saat menghadapi Iran di laga perdana Grup A Piala Asia Wanita 2022. [Instagram@ indianfootball]
Timnas Wanita India saat menghadapi Iran di laga perdana Grup A Piala Asia Wanita 2022. [Instagram@ indianfootball]

Bolatimes.com - Tuan rumah Piala Asia Wanita 2022, India harus menerima dicoret dari ajang empat tahunan tersebut akibat mayoritas pemainnya positif terpapar Covid-19.

Kabar ini menjadi perbincangan setelah India gagal melangsungkan pertandingan saat akan bertemu Taiwan di laga pertamanya di Piala Asia Wanita 2022, Minggu (23/01/22).

Tak bisa tampilnya tim putri India di laga melawan Taiwan sendiri tak lepas karena banyaknya pemainnya yang terpapar Covid-19.

Saking banyaknya, India tak bisa memenuhi aturan AFC pasal 4.1 di mana setiap tim harus memiliki setidaknya 13 pemain untuk bertanding.

Karena regulasi tersebut, India pun harus rela tersingkir dari ajang Piala Asia Wanita karena menyalahi aturan pasal 6.5.5 mengenai aturan kompetisi tersebut.

Alhasil, tersingkirnya India membuat grup A Piala Asia Wanita 2022 hanya akan menghadirkan tiga tim saja, yakni Iran, Taiwan, dan China.

Nasib nahas justru harus diterima Iran. Pasalnya, di laga pertama timnas putri Iran telah bertanding melawan India dan mampu meraih satu poin.

Akibat India tersingkir dari Piala Asia Wanita, poin yang didapat Iran pun turut dicabut sehingga saat ini harus terdampar di papan bawah klasemen grup A.

Sejatinya, poin ini sama dengan Taiwan. Hanya saja, Iran harus menerima terdampar di papan bawah karena baru saja tumbang dari China dan kebobolan tujuh gol tanpa balas.

Berimbas ke Hasil Grup Lain

AFC juga menyebutkan bahwa didepaknya India dari perhelatan Piala Asia Wanita 2022 berpengaruh ke hasil grup B maupun grup C.

Sesuai regulasi pasal 7.4, untuk menghindari perbedaan dalam perbandingan akhir antara tim peringkat ketiga, hasil laga grup B maupun grup C antara tim peringkat pertama, kedua dan ketiga melawan tim peringkat keempat tak akan dihitung.

Aturan ini ditetapkan agar perhitungan dua tim peringkat ketiga terbaik yang akan lolos ke babak perempat final tak akan mengalami perbedaan.

AFC sendiri mengkonfirmasi bahwa perhelatan Piala Asia Wanita 2022 akan tetap diselenggarakan, kendati pihak tuan rumah didepak dari perhelatan tersebut.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini