Boladunia

Ada Cape Verde, Ini 5 Tim Non Unggulan yang Lolos ke 16 Besar Piala Afrika

Mengejutkannya, Aljazair yang merupakan juara bertahan Piala Afrika gagal lolos ke babak 16 besar.

Rauhanda Riyantama

Potret pertandingan Mali vs Tunisia di Piala Afrika 2021. (ISSOUF SANOGO / AFP)
Potret pertandingan Mali vs Tunisia di Piala Afrika 2021. (ISSOUF SANOGO / AFP)

Bolatimes.com - Piala Afrika 2021 telah melewati fase grup. Kini para peserta akan bersiap menjalani sistem gugur di babak 16 besar. Tak disangka, beberapa tim yang lolos merupakan tim non unggulan.

Sebanyak 16 tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2021, di mana 12 tim merupakan juara dan Runner up grup, sedangkan empat tim lainnya terdiri dari peringkat tiga terbaik.

Di balik lolosnya 16 tim ke babak 16 besar Piala Afrika 2021, ada fakta menarik yakni tak ada nama sang juara bertahan, Aljazair.

Tim yang dibela Riyad Mahrez itu harus tersingkir di babak grup usai menelan kekalahan di partai terakhir grup E dengan bertemu Pantai Gading .

Di laga terakhir ini, kampiun Piala Afrika 2019 itu takluk dengan skor 1-3. Tak ayal kekalahan ini kian menjerumuskan Aljazair di posisi terakhir grup E.

Sebelum tumbang dari Pantai Gading, Aljazair membutuhkan kemenangan setelah imbang dan takluk di dua laga awal melawan Sierra Leone dan Guinea Khatulistiwa.

Aljazair membutuhkan kemenangan atas Pantai Gading setidaknya untuk mengamankan peringkat tiga terbaik, sehingga bisa melangkah ke fase Knock Out. Namun kekalahan dari The Elephants tersebut membuat tim berjuluk El Khadra harus pulang lebih cepat.

Kegagalan Aljazair yang berstatus unggulan melangkah ke babak 16 besar nyatanya berbanding terbalik dengan tim-tim non unggulan lainnya.

Tak disangka, tim-tim non unggulan ini berhasil melangkah ke babak 16 besar, kendati lolos dengan status peringkat tiga terbaik.

Termasuk dua tim debutan di Piala Afrika 2021, berikut tim-tim non unggulan yang melaju ke babak 16 besar.

1. Komoro

Timnas Komoro merupakan debutan di ajang Piala Afrika 2021. Ajang ini menjadi ajang internasional tim berjuluk Les Coelecantes itu.

Komoro melangkah ke babak 16 besar usai menjadi peringkat tiga terbaik dari grup C berkat hasil satu kemenangan dan dua kekalahan.

2. Gambia

Tim debutan Piala Afrika 2021 yang melangkah ke babak 16 besar lainnya adalah Gambia. Tim berjuluk The Scorpions ini lolos dengan status Runner Up grup F di belakang Mali.

Hebatnya, Gambia lolos dengan mengalahkan tim langganan Piala Afrika, yakni Tunisia. Kepastian lolos sebagai Runner Up didapat The Scorpions usai menang atas Les Aigles di partai terakhir.

3. Tanjung Verde/Cape Verde

Timnas Cape Verde atau Tanjung Verde juga merupakan tim non unggulan yang juga melangkah ke babak 16 besar Piala Afrika 2021.

Sama seperti Komoro, Tanjung Verde lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik usai meraih satu kemenangan, satu hasil imbang dan satu kekalahan.

4. Malawi

Tim non unggulan yang lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik lainnya adalah Malawi. Tim berjuluk The Flames ini mampu lolos dari grup B bersama Senegal dan Guinea.

Malawi lolos dengan status peringkat tiga terbaik usai mengantongi empat poin hasil dari satu kemenangan atas Zimbabwe, satu hasil imbang atas Senegal, dan satu kekalahan dari Guinea.

5. Mali

Berbeda dengan empat tim non unggulan lainnya, Mali mampu lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup E Piala Afrika 2021.

Tim berjuluk The Eagles ini lolos sebagai juara grup F dengan meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang. Kelolosan Mali sendiri telah dipastikan sejak laga kedua usai imbang 1-1 dengan Gambia.

 

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini