Boladunia

Ikuti Jejak Indonesia, Malaysia Tunjuk Pelatih Korea Selatan Kim Pan-gon

Malaysia tunjuk Kim Pan-gon sebagai pelatih kepala.

Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto

Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)
Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia akhirnya resmi menunjuk pelatih asal Korea Selatan bernama Kim Pan-gon. Kepastian ini diumumkan langsung oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) pada Jumat (21/1/2022).

Langkah itu seperti mengikuti jejak Indonesia yang merekrut Shin Tae-yong. Pemilihan Kim Pan-gon tersebut setelah adanya penilaian dari calon-calon yang ada. Kim Pan-gon dianggap sebagai calon terbaik untuk menangani timnas Malaysia.

Dikabarkan Kim Pan-gon akan tiba di Malaysia pada awal Februari 2022 ini bersama empat asisten pelatihnya. Setelah itu ia dikabarkan bakal memantau para pemain di Liga Malaysia.

Juru latih Korea Selatan itu akan memulai pemusatan latihan pertamanya dengan timnas Malaysia pada Maret 2022 mendatang sebagai persiapan menjelang kualifikasi Piala Asia pada Juni mendatang.

Melansir dari data Transfermarkt, Kim Pan-gon bukan sosok yang ecek-ecek. Sebelum menerima pinangan dari FAM untuk menangani timnas Malaysia, ia sempat menjabat Wakil Presiden KFA (Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan).

Bukan hanya itu, ia juga pernah menangani Hong Kong serta menjadi asisten manajer di Gyeongnam FC, sehingga membuatnya punya pengalaman yang tak bisa diremehkan.

Sebelumnya, Malaysia ditinggal pelatih kepalanya Tan Cheng Hoe yang mundur selepas Piala AFF 2020. Ia gagal membawa skuad Harimau Malaya lolos dari fase grup.

Dengan ini, setidaknya ada tiga pelatih yang melatih di negara Asia Tenggara. Pertama ada Park Hang-seo yang menangani timnas Vietnam.

Kemudian Shin Tae-yong di kubu timnas Indonesia. Terbaru Kim Pan-gon bakal menangani timnas Malaysia yang tentu menarik ditunggu kiprahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini