Boladunia

Kisah Joseph Minala, Dituduh Jadi Wonderkid Abal-abal karena Wajahnya

Usia Josep Minala eks pemain Lazio sempat dipertanyakan.

Husna Rahmayunita

Joseph Marie Minala saat membela Qingdao Huanghai di Liga Super China (CSL) 2010. (AFP/STR)
Joseph Marie Minala saat membela Qingdao Huanghai di Liga Super China (CSL) 2010. (AFP/STR)

Bolatimes.com - Karier mantan pemain Lazio, Joseph Minala, sempat diwarnai dengan berbagai kendala akhirnya berakhir tragis.

Awalnya, pria bernama asli Joseph Marie Minala itu menjadi salah satu pemain yang bakatnya tercium oleh Lazio dalam sebuah pencarian bakat pada tahun 2013.

Setahun berselang, Joseph Minala menjadi bahan pemberitaan berbagai media Italia karena usianya yang dipermasalahkan oleh berbagai pihak.

Mereka mempertanyakan legitimasi akta kelahiran pemain asal Kamerun ini yang menerangkan bahwa dia berusia 17 tahun.

Sebab, raut wajahnya dinilai terlalu tua untuk ukuran pemain berusia 17 tahun. Bahkan, ada yang menuduh sebetulnya Joseph Minala tak layak disebut wonderkid karena telah berusia 41 tahun.

Menanggapi tuduhan semacam ini, Joseph Minala dan Lazio pun sama-sama menyangkal hal tersebut. Pada Mei 2014, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) melakukan investigasi soal masalah inu.

Joseph Marie Minala saat membela Lazio. (SSLazioNews.it)
Joseph Marie Minala saat membela Lazio. (SSLazioNews.it)

Hasilnya, FIGC mengkonfirmasi bahwa usia Joseph memang benar-benar 17 tahun menyatakan bahwa tidak akan ada hukuman disiplin untuk sang pemain maupun pihak klub.

Setelah kasus ini, ia sukses mendapatkan kesempatan untuk promosi ke tim utama Lazio pada musim 2013/2014. Namun, dia tak kunjung mendapat tempat utama di tim.

Pada 25 Agustus 2014, Lazio mengumumkan bahwa Joseph Minala dilepas ke klub Serie B, Bari, dengan status pinjaman selama satu musim.

Tak lama setelah itu, dia mencatatkan debut sebagai pemain pengganti dan mencetak gol pertama di karier profesionalnya ke gawang Cittadella.

Semenjak saat itu, gelandang kelahiran 24 Agustus 1996 ini hanya menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai pemain pinjaman.

Joseph Minala tercatat pernah memperkuat Latina (2015-2016), Salernitana (2017-2019), hingga terdampar di Liga China bersama Qingdao Huanghai (2020).

Setelah itu, Joseph Minala sempat kembali memperkuat Lazio pada awal tahun 2021 dan ketika itu dia sudah berusia 24 tahun.

Namun, kontraknya yang berakhir pada 1 Juli 2021 bersama Lazio akhirnya tak diperpanjang dan dia sempat berstatus tanpa klub alias menganggur.

Setelah empat bulan tanpa klub, ia akhirnya mendapat kontrak dari klub Serie C, alias liga kasta ketiga di kompetisi sepak bola Italia.

Bersama klub tersebut, dia mendapat kontrak selama satu musim dan akan berakhir pada 30 Juni 2022 mendatang.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini