Boladunia

Profil Duncan Ferguson, Pelatih Interim Everton yang Pernah Dipenjara

Duncan Ferguson ditunjuk sebagai pelatih interim Everto setelah memecat Rafel Benitez.

Rauhanda Riyantama

Duncan Ferguson sebagai pelatih interim Everton. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)
Duncan Ferguson sebagai pelatih interim Everton. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Everton resmi menunjuk Duncan Ferguson sebagai pelatih interim. Keputusan ini diambil menyusul pemecatan Rafael Benitez pada akhir pekan lalu.

Tidak dijelaskan secara detail berapa lama masa kerja Ferguson sebagai caretaker. Everton menyatakan bahwa masih mencari manajer permanen dan akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

Ini bukan kali pertama buat Duncan Ferguson menjadi pelatih sementara Everton. Dia sempat mengemban tugas serupa saat Marco Silva dipecat pada 5 Desember 2019.

Ferguson memimpin Everton dalam tiga pertandingan Liga Inggris sebelum akhirnya klub menunjuk Carlo Ancelotti sebagai pelatih baru.

Lantas, siapakah sebetulnya Duncan Ferguson? Berikut ulasan ringkas profilnya.

Profil Duncan Ferguson

Duncan Ferguson adalah mantan pesepak bola yang lahir di Stirling, Skotlandia, pada 27 Desember 1971. Sejak kecil, dia sudah menggeluti sepak bola.

Dia bergabung dengan klub lokal kampung halamannya, Carse Thistle, saat bocah. Kemudian dia pindah ke klub atas Skotlandia, Dundee United, pada 1990.

Dia melakoni debut profesionalnya pada November 1990 dengan menghadapi Rangers. Setelah 3 musim di Dundee, menariknya dia pindah ke Rangers dengan biaya 4 juta poundsterling.

Duncan Ferguson sebagai pelatih interim Everton. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)
Duncan Ferguson sebagai pelatih interim Everton. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)

Pada tahun keduanya di Rangers, Ferguson dipinjamkan ke Everton. The Toffes lantas mempermanenkan transfer Ferguson.

Selama 4 musim di Everton, Ferguson bermain sebanyak 133 kali di semua kompetisi dengan torehan 42 gol dan mengantarkan Everton menjuarai Piala FA 1994/95.

Moncernya Ferguson di Everton bikin Newcastle United rela mengeluarkan duit 8 juta poundsterling pada November 1998 untuk memboyongnya.

Namun, penampilan Ferguson tidak setajam di Everton. Dia cuma bertahan dua musim dengan hanya mencetak 12 gol dari 41 pertandingan.

Akhirnya Duncan Ferguson pindah kembali ke Everton pada tahun 2000 dengan biaya 3,75 juta poundsterling.

Meski kembali ke klub yang membesarkan namanya, penampilan ferguson tak semoncer periode pertamanya. Dia cuma mencetak 30 gol selama enam musim di periode keduanya.

Ferguson kemudian pensiun setelah musim 2005/06. Selama aktif bermain, dia cukup sering berurusan dengan hukum.

Dia tercatat pernah empat kali berurusan dengan hukum karena kasus kekerasaan. Bahkan, dia pernah dipenjara selama 3 bulan pada 1994.

Setelah pensiun, Duncan Ferguson tak langsung terjun ke dunia kepelatihan. Setelah 5 tahun pasca pensiun, dia baru mendapat pekerjaan untuk membantu di tim akademi Everton.

Sambil membantu di akademi, Duncan Ferguson juga mengambil kursus kepelatihan. Pengalaman pertamanya sebagai pelatih tim utama terjadi pada Desember 2019 saat menjadi pelatih interim untuk menggantikan Marco Silva yang dipecat.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini