Boladunia

Wejangan Messi Thailand ke Pemain yang Ingin Berkarier di Luar Negeri

Chanathip Songkrasin memberikan pesan kepada pemain yang ingin mengikuti jejaknya.

Husna Rahmayunita

Pemain Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Instagrana/@changsuek)
Pemain Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Instagrana/@changsuek)

Bolatimes.com - Banyak pesepak bola Asia Tenggara yang dinilai potensial untuk berkarier di luar negeri. Chanathip Songkrasin atau yang dijuluki Messi Thailand memberikan pesan.

Chanathip Songkrasin dikenal sebagai bintang Timnas Thailand yang sukses membawa timnya meraih juara Piala AFF 2020.

Ia termasuk salah satu pemain terbaik di ASEAN. Berkat perfomanya yang memukau, tak jarang, Chanathip dianggap sebagai ancaman bagi rival.

Tak hanya sukses di timnas, Chanathip Songkrasin juga moncer di luar negeri. Pemain berusia 28 tahun tersebut sepakat bergabung dengan tim unggulan J-League, Kawasaki Frontale musim ini.

Sejak 2017, Chanathip Songkrasin memang berkarier di Jepang. Awalnya, ia memperkuat klub Consadole Sapparo dan berhasil tampil cemerlang di kompetisi domestik.

Chanathip Songkrasin menjadi pemain moncer berkarier di luar negeri. Ia sukses memecahkan rekor sebagai pemain termahal Thailand berkat kiprahnya.

Chanatip Sokrasin (@jaychanathip/Instagram)
Chanathip Songkrasin (@jaychanathip/Instagram)

Saat diwawancara media Vietnam, Zingnews, ia mengatakan jika Liga Jepang cocok dijadikan destinasi bagi pesepak bola Asia Tenggara. Sebab memberikan kesempatan untuk berkembang, sebagaimana yang dirasakan.

"Lingkungan sepak bola Jepang telah banyak membantu saya berkembang. Bertahun-tahun bermain di J.League membantu saya meningkatkan diri," ujarnya.

Saat disinggung soal peluang pemain lain tampil di luar negeri, khususnya J-League, ia pun memberikan saran. Menurutnya, pemain perlu menguasai  bahasa, mau beradaptasi dan bekerja keras.

"Tingkatkan keterampilan bahasa Anda dan bersiaplah untuk perubahan lingkungan atau budaya (di tempat baru)," kata Chanathip Songkrasin.

"Latihan keras adalah syarat yang diperlukan untuk sukses di lingkungan baru. Jika Anda ingin sukses di luar negeri, kerja keras adalah satu-satunya cara," pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini