Boladunia

Mengintip Peluang Indonesia Naik Peringkat FIFA jika Kalahkan Bangladesh

Indonesia kemungkinan besar akan menghadapi Bangladesh di FIFA Matchday pada akhir Januari 2022.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia kemungkinan besar akan menghadapi Bangladesh di laga persahabatan FIFA Matchday. Jika menilik ranking calon lawan, apakah tim Merah Putih bisa naik peringkat FIFA?

PSSI telah mengkonfirmasi bahwa Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Bangladesh sebanyak dua kali di FIFA Matchday pada 24 Januari hingga 1 Februari 2022 yang akan digelar di Bali.

"Untuk Januari ini kita lagi komunikasi dengan Bangladesh karena mereka mau ke sini (Indonesia), tapi dua kali main," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (6/1/2022).

"Jadi kalau Bangladesh minta dua kali main Brunei Darussalam tidak jadi, karena aturannya FIFA Match Day hanya dua kali match," tambahnya.

Laga melawan Bangladesh ini menjadi laga penting bagi Timnas Indonesia untuk mengatrol posisi di ranking FIFA.

Timnas Indonesia butuh kemenangan atas kedua negara tersebut agar posisi tim Merah Putih di ranking FIFA naik dari posisi saat ini, yakni di ranking 164.

Kemenangan di FIFA Matchday atas Bangladesh nanti juga berpengaruh terhadap posisi Timnas Indonesia untuk masuk ke pot 3 Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dengan ranking 164, Timnas Indonesia berada di pot 4. Sebagai catatan, ranking tim Merah Putih ini menjadi ranking tertinggi di pot 4.

Sedangkan untuk masuk ke pot 3, Timnas Indonesia harus menyingkirkan Singapura yang ada di ranking 160, atau ranking terendah di pot 3.

Oleh karenanya, kemenangan atas Bangladesh menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia agar bisa masuk pot 3 dan mendapat undian yang lebih mudah saat Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia berfoto bersama seusai pengalungan medali Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). ANTARA FOTO/Flona Hakim
Timnas Indonesia berfoto bersama seusai pengalungan medali Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). ANTARA FOTO/Flona Hakim

Hitung-hitungan Poin Timnas Indonesia di Laga Melawan Bangladesh

Jika dilihat dari poin yang ada, Timnas Indonesia memiliki poin 993,86 di ranking FIFA. Poin ini hanya kalah sedikit dari Singapura yang mengantongi 1000,78 poin.

Dengan perbedaan hanya 6,92 poin saja, Timnas Indonesia bisa menyalip Singapura jika mampu mengalahkan Bangladesh dalam dua pertandingan.

Pasalnya, kemenangan atas Bangladesh akan memberikan Timnas Indonesia 8,32 poin tambahan yang otomatis membuat perolehan poin tim Merah Putih melewati Singapura dan akan masuk ke pot 3.

Meski demikian, kemenangan atas Bangladesh tak menjamin Timnas Indonesia bisa menggeser Singapura di pot 3 Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia juga harus berharap bahwa Singapura yang ditinggal Tatsuma Yoshida, tak menggelar pertandingan di waktu yang sama.

Jikalau Singapura tetap memainkan pertandingan, Timnas Indonesia harus banyak berharap agar The Lions mengalami kekalahan dari lawan-lawannya sehingga poinnya berkurang.

Berikut disajikan poin yang akan didapat Timnas Indonesia dari laga kontra Bangladesh di FIFA Matchday, dilansir dari Footy Ranking.

Timnas Indonesia vs Bangladesh:

Menang: +4,14 poin
Seri: -0,85 poin
Kalah: -5,85 poin

Timnas Indonesia vs Bangladesh:

Menang: +4,18 poin
Seri: -0,82 poin
Kalah: -5,82 poin

Berita Terkait

Berita Terkini