Boladunia

Gaji Alexandre Polking Naik Drastis, tapi Masih Kalah dari Shin Tae-yong

Polking mendapat kenaikan gaji 3 kali lipat usai antar Thailand juara Piala AFF 2020.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Thailand Alexandre Polking (kiri) merayakan kemenangan tim pada leg pertama pertandingan semifinal sepak bola Piala AFF 2020 melawan Vietnam di Stadion Nasional di Singapura pada 23 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP
Pelatih Thailand Alexandre Polking (kiri) merayakan kemenangan tim pada leg pertama pertandingan semifinal sepak bola Piala AFF 2020 melawan Vietnam di Stadion Nasional di Singapura pada 23 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Bolatimes.com - Alexandre Polking sukses membawa Thailand jadi jawara di Piala AFF 2020. Atas pencapaiannya itu, pelatih Jerman keturunan Brasil itu akan mendapat kenaikan gaji 3 kali lipat.

Tapi, gaji besar yang diterima oleh Polking juga harus diemban dengan tanggung jawab yang besar pula. Federasi Sepak Bola Thailand alias FAT membebankan Polking untuk  membawa anak asuhnya lebih berprestasi.

Pertama, Thailand kudu lolos ke Piala Asia 2023. Pada 8-14 Juni 2022, Timnas Thailand akan turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kedua, usai lolos ke putaran final, target besar praktis dicanangkan FAT ke Polking. Bukan tak mungkin, FAT meminta Polking membawa Thailand lolos ke semifinal Piala Asia 2023.

Gaji Polking Masih Kalah Jauh dari Shin Tae-yong

Namun demikian, merujuk laporan media Vietnam, The Thao Van Hoa, gaji Polking masih kalah ketimbang pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Masih merujuk laporan yang sama, Polking mendapat gaji per tahun dari FAT sebesar USD 960 ribu. Jika dirupiahkan, angka itu setara dengan Rp13,7 miliar.

Di satu sisi, gaji Shin membesut Timnas Indonesia lebih besar. Data yang dihimpun oleh The Thao Van Hoa, sosok Korea Selatan itu menerima USD 1 juta atau Rp 14,3 miliar.

Tapi, wajar bila Shin mendapat bayaran lebih mahal. Pasalnya, eks pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu punya banyak pekerjaan.

Tahun ini saja, Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia dihadapkan dengan sejumlah turnamen. Mulai dari Piala AFF U-23 2022, SEA Games 2021, Kualifikasi Piala Asia 2023, Asian Games 2022 hingga Piala AFF 2022.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini