Boladunia

Mengenal Asal Usul Setan Merah Berada di Logo Manchester United

Ini kisah Setan Merah ada di logo Manchester United.

Rauhanda Riyantama

Pelatih sementara Manchester United, Michael Carrick. (Jose Jordan/AFP)
Pelatih sementara Manchester United, Michael Carrick. (Jose Jordan/AFP)

Bolatimes.com - Manchester United punya julukan The Red Devils. Sosok Setan Merah itu sendiri tersemat di logo jersey mereka.

Tapi, tahukah Anda jika lambang Setan Merah itu nyatanya punya sejarah. Berikut Bolatimes rangkum kisahnya sebagai berikut.

Sejarah

Pada awal berdirinya Manchester United bukan identik dengan jersey warna merah. Mereka bernama Newton Heath dengan nuansa hijau kuning dan justru berjuluk The Heathens.

Newton Heath berdiri pada 1878 dengan memilih kereta api sebagai bagian dari identitas klub. Transportasi darat itu dipilih lantaran klub didirikan oleh perusahaan Lancashire dan Yorkshire Railway.

Manchester United/Instagram
Manchester United/Instagram

Dilansir Sportskeeda, Newton Heath mengubah identitas klub menjadi Manchester United karena bangkrut pada 1902. Saat itu, nama United-lah yang nantinya menjelma menjadi salah satu klub besar di Eropa.

Namun demikian, logo Manchester United ketika itu bukanlah seperti yang sekarang. Ada layar yang terpampang di antara dua singa yang mengapit mereka. Ini juga sekaligus merepresentasikan evolusi industri di kota tersebut.

Selain kapal dan singa, seekor antelop dengan rantai emas juga menandakan pencapaian Manchester di bidang mesin. Dan salah satu singa, yang mengenakan mahkota, melambangkan desa Romawi yang berkembang di sana. Tak ketinggalan, bunga mawar merah juga ada di logo Man United ketika itu menjadi lambang resmi Lancashire.

Perubahan Logo karena Tragedi Munich

Seiring berjalannya waktu, United kemudian bertransformasi. Pada 1958 terjadilah suatu musibah yang mengubah wajah United hingga saat ini.

Adalah Tragedi Munich yang terjadi pada pada 6 Februari 1958. Ketika itu, pesawat yang ditumpangi oleh awak Man United yang melakoni away day ke Jerman mengalami kecelakaan.

Terkonfirmasi, ada 8 pemain Manchester United yang ketika itu meninggal dunia. Kemudian ada 3 staf tim dan 1 jurnalis yang berpulang pada insiden kecelakaan itu.

Manchester United saat menjuarai Liga Primer Inggris musim 2000/2001
Manchester United saat menjuarai Liga Primer Inggris musim 2000/2001

Setelah kejadian itu, Sir Matt Busby yang melatih United ketika itu punya buah pemikiran untuk mencari identitas baru. Dirinya kemudian terinspirasi oleh salah satu tim rugbi Salford yang kala itu dipanggil Les Diables Rouges.

Adapun, nama itu punya makna The Red Devils jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Dan dari sanalah, Busby mengartikan pula bahwa ungkapan itu juga akan mengintimidasi lawan.

Namun demikian, setelah tragedi Munich, Manchester United sempat mengganti logo dengan elang. Logo ini melambangkan bahwa United siap terbang dan bangkit setelah tragedi yang menyakitkan itu.

Dipatenkan Sejak 1972

Sejak dijuluki The Red Devils, Manchester United sudah karib dengan nama tersebut. Hanya, pemasangan logo Devils alias Iblis baru terealisasi pada 1970 dan menanggalkan logo kapal layar.

Pada musim 1972, akhirnya Manchester United mematenkan logo iblis di jersey mereka. Seturut kemudian, mereka juga menanggalkan logo kapal yang ada di jersey.

Pada 1998, ada perubahan yang cukup mencolok. Semula, tulisan Manchester United Football Club mengitari logo Iblis yang berdiri di bawah kapal layar dan mengubahnya menjadi Manchester United.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini