Boladunia

Tan Cheng Hoe Mundur, Netizen Malaysia Singgung TCH Jadi 'Kambing Hitam'

Tan Cheng Hoe lepas jabatan pelatih Timnas Malaysia.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Lillian Suwanrumpha/AFP).
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Lillian Suwanrumpha/AFP).

Bolatimes.com - Tan Cheng Hoe resmi mengundurkan diri dari jabatan pelatih Timnas Malaysia seusai gagal di Piala AFF 2020. Terhitung mulai Senin (3/1/2021), ia bukan pelatih Malaysia.

Kabar pengunduran diri Tan Cheng Hoe diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan seketika menggemparkan pecinta sepak bola Negeri Jiran.

Melalui pengumumannya, FAM menyebut Tan Cheng Hoe mundur lantaran gagal membawa Timnas Malaysia bersinar di Piala AFF 2020. Diketahui, Malaysia tersingkir seusai ditumbangkan Timnas Indonesia dengan skor 1-4 di laga terakhir fase grup.

"FAM hari ini ingin mengumumkan bahwa pelatih Tan Cheng Hoe telah membuat keputusan untuk melepas jabatannya," bunyi pengumuman FAM.

"Cheng Hoe telah mengadakan pembicaraan dengan pihak pengurus FAM dan menyatakan hasratnya itu karena kegagalan membawa Malaysia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 di Singapura," lanjut FAM.

"Setelah berbicara secara terbuka dari semua sudut, FAM menghormati keputusan itu dan telah setuju melepas Cheng Hoe dengan persetujuan kedua belah pihak," terang pernyataan itu.

Tan Cheng Hoe mundur dari pelatih Timnas Malaysia. (Instagram/@famalaysia)
Tan Cheng Hoe mundur dari pelatih Timnas Malaysia. (Instagram/@famalaysia)

Buntut dari pengunduran diri Tan Cheng Hoe, FAM justru terkena imbasnya. Pecinta sepak bola Malaysia ramai-ramai menggeruduk Instagram FAM.

Banyak yang memberikan komentar bernada iba dengan juru taktik berusia 53 tahun tersebut. Tak sedikit yang menuding ada unsur politik di balik keputusan ini hingga menyindir FAM.

"Coach jadi kambing hitam terus, jabatan diisi orang dalam," kata @muham***.

"Seharusnya orang dalam FAM yang mundur bukan TCH," tulis @hel***.

"Kasian TCH jadi kambing hitam...setelah ini siapa yang akan jadi kambing hitam selanjutnya?," tanya @tajdi***.

"Jadi kambing hitam lagi," terang @nur***.

Menilik sepak terjang, Tan Cheng Hoe sempat menjabat sebagai asisten pelatih kala Timnas Malaysia menjadi juara Piala AFF 2010.

Saat jadi pelatih, ia sukses mengantarkan Harimau Malaya ke final Piala AFF 2018 meski akhirnya kalah dari Vietnam. Sementara di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, timnas Malaysia dibawa Tan Cheng Hoe bermain bagus.

Berita Terkait

Berita Terkini