Boladunia

Komentar Faris Ramli soal Perkataan Asnawi usai Gagal Eksekusi Penalti

Begini respons Faris Ramli soal Asnawi yang menghampiri dirinya usai gagal cetak penalti.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Singapura, Faris Ramli. (Instagram/farisramli)
Pemain Timnas Singapura, Faris Ramli. (Instagram/farisramli)

Bolatimes.com - Pemain Singapura, Faris Ramli buka suara perihal kejadian di mana Asnawi Mangkualam menghampirinya usai gagal mengeksekusi penalti di semifinal leg kedua Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia berhasil melangkah ke babak final Piala AFF 2020 usai mengandaskan tuan rumah Singapura dengan agregat skor 5-3 dalam laga yang berlangsung dua leg.

Di leg pertama, Indonesia hanya mampu bermain imbang 1-1. Namun, di leg kedua tim Merah Putih mampu meraih kemenangan 4-2  lewat laga yang berlangsung dramatis itu.

Laga tersebut terbilang dramatis karena keputusan wasit yang mengusir tiga pemain Singapura dan baik Indonesia serta The Lions saling mengejar ketertinggalan selama 90 menit hingga laga harus diteruskan ke babak Extra Time.

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]

Indonesia sempat unggul terlebih dahulu di menit-menit awal lewat Ezra Walian sebelum dibalas Song Ui-young di menit akhir babak pertama.

Di babak kedua, Singapura harus rela bermain dengan sembilan orang setelah Irfan Fandi dikartu merah, menyusul Safuwan Baharudin yang terlebih dahulu diusir di babak pertama.

Meski bermain dengan sembilan orang, Singapura malah mampu berbalik unggul atas Indonesia lewat gol Shahdan Sulaiman di menit ke-74.

Indonesia pun berhasil membalasnya di menit ke-87 lewat Pratama Arhan. Sayangnya, bek kiri skuat Garuda ini melakukan pelanggaran di menit-menit akhir waktu normal.

Pelanggaran itu terjadi di kotak 16 Indonesia sehingga wasit memberikan hadiah penalti untuk Singapura yang dieksekusi Faisal Ramli.

Namun eksekusi Faisal Ramli itu mampu dibaca dengan baik oleh Nadeo Argawinata. Sontak hal tersebut membuat pemain Indonesia girang bukan kepalang.

Bahkan, kegirangan ini terlihat saat Asnawi Mangkualam selaku kapten Indonesia berlari menghampiri Faris Ramli dan mengatakan sesuatu kepadanya.

Lantas apa yang diucapkan Asnawi kepada Faisal Ramli saat itu?

Tak Tahu Apa yang Diucapkan Asnawi

Faisal Ramli pun buka suara terkait ucapan apa yang dilontarkan Asnawi kala dirinya gagal mengeksekusi penalti untuk membawa Singapura unggul dan lolos ke final.

Pemain berusia 29 tahun itu menyebut ia tak tahu apa yang dikatakan Asnawi kepadanya sesaat setelah dirinya gagal mengeksekusi penalti.

Momen Asnawi Mangkualam mendatangi pemain Singapura, Faris Ramli usai gagal cetak gol dari penalti. (Twitter)
Momen Asnawi Mangkualam mendatangi pemain Singapura, Faris Ramli usai gagal cetak gol dari penalti. (Twitter)

“Saya bahkan tak menyadari kapten Indonesia (Asnawi) berbicara kepada saya.  Saya mendengar suaranya tapi tak bisa mencerna apa yang ia katakan,” ujar Faris Ramli dikutip dari laman Strait Times.

Pemain Lions City Sailors itu pun mengaku yang ada di benaknya kala itu adalah perasaan yang buruk pasca gagal menuntaskan penalti yang bisa memenangkan timnya.

“Itu (penalti gagal) adalah perasaan yang sangat buruk. Saat itu yang saya pikirkan hanyalah: ‘bagaimana saya bisa gagal?’,” ucapnya.

Kegagalan Faris Ramli mengeksekusi penalti pun memberi berkah bagi Indonesia yang lantas masuk ke final Piala AFF untuk keenam kalinya.

Di partai puncak, Timnas Indonesia akan bersua dengan Thailand dalam format dua leg yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/21) dan Jumat (01/01/22).

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini