Boladunia

Profil Thanawat Suengchitthawon, Gelandang Leicester di Timnas Thailand

Thanawat Suengchitthawon akan bersua Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi

Thanawat Suengchitthawon dan Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Roslan Rahman/AFP)
Thanawat Suengchitthawon dan Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Roslan Rahman/AFP)

Bolatimes.com - Salah satu pemain Thailand yang patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2020 adalah Thanawat Suengchitthawon.

Leg pertama final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand sendiri dijadwalkan berlangsung pada Rabu (29/12/2021) malam WIB di National Stadium Singapore.

Suengchitthawon menjadi salah satu penggawa tim 'Gajah Perang' yang berpotensi merepotkan para pemain Timnas Indonesia di pertandingan nanti.

Gelandang berusia 21 tahun itu sudah bermain 5 kali di Piala AFF 2020. Meski sering ditarik keluar, Thanawat mampu menunjukkan potensi dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik milik Thailand.

Kemampuannya terbukti dengan masuknya Thanawat Suengchitthawon ke dalam nominasi pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Dia bersaing dengan 5 pemain lain yang 3 di antaranya berasal dari Timnas Indonesia.

Lantas siapakah Thanawat Suengchitthawon ini sesungguhnya? Berikut ulasan profilnya.

Profil Thanawat Suengchitthawon

Thanawat lahir di kota Suphan Buri, Thailand, pada 8 Januari 2000. Meski lahir di Thailand, Thanawat sudah pindah ke Prancis dengan ibunya sejak kecil.

Itulah kenapa dia punya dua kewarganegaraan yaitu Thailand dan Prancis. Karier sepak bolanya lantas dimulai sejak tahun 2006 ketika dirinya bergabung dengan klub lokal di Prancis, AS Neunkirch.

Setelah hampir 7 tahun menimba ilmu sepak bola di sana, Thanawat tim Prancis lainnya , AS Nancy dan masuk tim akademinya di tahun 2018.

Tahun 2020, dirinya bergabung dengan tim asal Liga Inggris, Leicester City. Dia bergabung dengan status bebas transfer dan masuk ke dalam Development Squad atau tim kedua.

Dia mencatatkan penampilan pertama kali buat Leicester City pada September 2020 di laga Premier League 2 melawan Blackburn Rovers.

Di musim 2020/2021 itu , Thanawat bermain di kategori kelompok umur pada Premier League 2 dengan catatan 13 kali penampilan dan menyumbang empat gol.

Selain di pentas Premier League 2, Thanawat Suengchitthawon juga bermain untuk Leicester City U-21 di Piala EFL. Dia pun sempat masuk skuad utama Leicester City saat menghadapi Manchester City pada April lalu.

Adapun, di musim 2021/22 ini, dia sudah mencatatkan 7 penampilan di semua kompetisi dengan menyumbangkan 1 assist.

Hal menarik lainnya dari Thanawat Suengchitthawon adalah dia tercatat pernah membela tim nasional kelompok umur Prancis.

Dia pernah membela Prancis U-16 dan Prancis U-17. Namun, Thanawat akhirnya memutuskan menjadi bagian dari Timnas Thailand pada 2021.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini