Boladunia

Penyerang Terbaik di Piala AFF Menurut Mantan Bintang Singapura

Salah satunya eks pemain Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita

Pemain timnas Indonesia Bambang Pamungkas merayakan gol ke gawang Myanmar saat Piala AFF 2008 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (AFP)
Pemain timnas Indonesia Bambang Pamungkas merayakan gol ke gawang Myanmar saat Piala AFF 2008 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (AFP)

Bolatimes.com - Dalam sepanjang penyelenggaraannya, AFF menjadi panggung bagi para pemain terbaik di Asia Tenggara. Salah satunya dari sektor penyerang atau striker.

Banyak penyerang yang silih berganti mencuri perhatian di perhelatan Piala AFF. Teranyar ada nama Teerasil Dangda yang baru saja mencetak rekor di ajang dua tahunan ini.

Penyerang gaek berusia 33 tahun asal Thailand ini resmi menjadi top skor sepanjang masa Piala AFF usai membawa negaranya mengalahkan Singapura di laga terakhir grup A.

Sejak berkiprah di Piala AFF, Teerasil Dangda telah mengoleksi 19 gol. Catatan ini mengalahkan torehan Noh Alam Shah yang sebelumnya memegang rekor tersebut.

Selain menorehkan catatan itu, pemain yang sempat dikontrak Manchester City dan UD Almeria ini juga berstatus top skor sementara Piala AFF 2020 dengan torehan empat gol, unggul satu gol dari Irfan Jaya.

Meski berstatus sebagai top skor sepanjang masa Piala AFF dan top skor sementara di edisi ke-20 ini, Lionel Lewis selaku legenda Singapura tak memasukkan nama Teerasil Dangda dalam daftar penyerang terhebat di ajang ini.

Bagi kiper yang memiliki 72 caps bersama timnas Singapura itu, hanya ada empat penyerang hebat sepanjang masa Piala AFF. Tak disangka, salah satunya ada dari Indonesia.

Penyerang Hebat Sepanjang Sejarah Piala AFF Versi Lionel Lewis

Legenda Malaysia, Safee Sali remehkan timnas Indonesia di Piala AFF. (AFP PHOTO / MOHD RASFANMOHD RASFAN / AFP)
Legenda Malaysia, Safee Sali remehkan timnas Indonesia di Piala AFF. (AFP PHOTO / MOHD RASFANMOHD RASFAN / AFP)

Dalam wawancaranya dengan Zing, kiper yang mengantarkan Singapura juara dua kali Piala AFF itu menyebut hanya ada empat penyerang terbaik sepanjang sejarah ajang itu.

Keempat pemain itu adalah Bambang Pamungkas (Indonesia), Safee Sali (Malaysia), Kiatisuk Senamuang (Thailand), dan Le Chong Vinh (Vietnam).

Empat penyerang ini mampu membuat Lionel Lewis terkesan dengan aksi mereka. Tak ayal sematan terbaik di Asia Tenggara ia sematkan untuk keempat penyerang legendaris itu.

Bambang Pamungkas sendiri dikenal sebagai penyerang legendaris Indonesia. 23 tahun ia membela skuat Garuda di mana ia tampil enam kali di Piala AFF yang menjadi rekor bagi tim Merah Putih.

Dalam enam edisi Piala AFF yang pernah ia ikuti tersebut, penyerang yang biasa disapa Bepe ini mampu mencetak 12 gol.

Jumlah gol yang dicetak Bambang Pamungkas dalam kesertaannya di Piala AFF itu sama dengan torehan yang diciptakan penyerang legendaris Thailand, Kiatisuk Senamuang.

Hanya saja dalam enam kesempatan itu di Piala AFF itu, Bepe tak pernah mampu menjebol gawang Lionel Lewis. Tak cukup sampai di situ, eks Persija Jakarta ini juga tak mampu meraih gelar juara Piala AFF, berbeda dengan Kiatisuk Senamuang.

Sedangkan Safee Sali dan Le Chong Vinh mampu membuat Malaysia dan Vietnam menjadi salah satu kekuatan menakutkan hingga menjadi kampiun di Piala AFF.

Safee Sali membawa Malaysia menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya pada 2010. Pencapaian itu dibarengi dengan torehan pribadi di mana dirinya keluar sebagai top skor dengan 5 gol.

Sedangkan Le Chong Vinh menjadi aktor di balik keberhasilan Vietnam keluar sebagai kampiun Piala AFF 2008 dengan torehan dua gol sepanjang gelaran tersebut.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini