Boladunia

Profil Hariss Harun, Eks Bintang JDT yang Kini Jadi Kapten Timnas Singapura

Hariss Harun menjadi salah satu pemain penting di Singapura. Prediksi kami, dia akan dimainkan di gelandang bertahan dan ditugaskan untuk mengawal ketat Ricky Kambuaya atau Evan Dimas.

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Singapura, Hariss Harun. (Instagram/hariss14)
Pemain Timnas Singapura, Hariss Harun. (Instagram/hariss14)

Bolatimes.com - Hariss Harun menjadi salah satu pemain andalan yang akan memperkuat timnas Singapura saat berjumpa Indonesia pada babak semifinal Piala AFF 2020.

Hariss Harun bakal menjadi salah satu pemain yang mengisi sektor lini tengah timnas Singapura saat bertanding melawan Indonesia.

Sejauh ini, Harris Harun telah mencatatkan satu gol untuk timnas Singapura di ajang Piala AFF 2020. Satu-satunya gol itu dicatat ketika Singapura menjegal Filipina dengan skor 2-1.

Saat skuad Garuda berjumpa Singapura, tak ada alasan lain bagi timnas Indonesia untuk melepaskan Hariss dari pengawalan.

Sebab, pemain senior di skuad The Lions ini berpotensi menciptakan situasi berbahaya di barisan pertahanan skuad Garuda.

Profil Hariss Harun

Hariss Harun menjadi salah satu pemain senior yang saat ini diandalkan pelatih Tatsuma Yoshida di skuad timnas Singapura untuk Piala AFF 2020.

Pemain kelahiran 19 November 1990 ini biasanya dipasang sebagai gelandang tengah. Namun, ia adalah pemain multiposisi yang juga bisa diplot sebagai bekt tengah, bek kanan, hingga gelandang serang.

Saat ini, pemain berusia 31 tahun itu tercatat sebagai kapten timnas Singapura. Sebagai informasi, dia juga sudah pernah mencatatkan penampilan bersama seluruh kelompok usia skuad The Lions.

Saat masih muda, Harun juga menjadi bagian dari skuad timnas Singapura U-23 yang meraih medali perunggu di ajang SEA Games edisi 2007, 2009, dan 2013.

Hebatnya, Harun kini tercatat sebagai debutan termuda di skuad timnas Singapura. Sebab, laga pertamanya bersama The Lions tercipta ketika berusia 16 tahun 217 hari.

Saat itu, bakatnya tercium oleh pelatih Raddy Avramovic yang memberinya kesempatan debut saat berjumpa Korea Utara pada 24 Juni 2007.

Hariss saat itu bermain sebagai pemain pengganti ketika laga memasuki menit ke-70. Dengan catatan itu, Hariss memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Fandi Ahmad.

Legenda timnas Singapura itu sebelumnya memegang rekor sebagai debutan termuda saat bermain pertama kali pada usia 17 tahun, 3 bulan, dan 23 hari.

Karier pemain berpostur 178 cm itu berawal bersama National Football Academy. Di sana, dia menimba ilmu sejak tahun 2003 hingga 2007.

Untuk pertama kali, dia mencatatkan karier di level senior bersama Young Lions pada 2007 hingga 2011. Setelah itu, dia direkrut Lions XII pada 2012.

Hariss mendapatkan kesempatan berkarier di luar negeri ketika raksasa Liga Malaysia, Johor Darul Takzim, merekrutnya pada tahun 2014. Sayangnya, dia tak bisa mendapatkan menit reguler, sehingga harus menjalani beberapa kali masa peminjaman

Kini, Hariss tercatat sebagai pemain Lion City Sailors, klub yang sebelumnya bernama Home United.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini