Boladunia

6 Legenda Sepak Bola yang Namanya Jadi Penghargaan Pemain

Berikut legenda sepak bola yang namanya jadi penghargaan buat pemain.

Rauhanda Riyantama

Trofi Puskas Award (AFP)
Trofi Puskas Award (AFP)

Bolatimes.com - Banyak cara untuk mengenang seorang legenda di sepak bola. Salah satunya adalah menyematkan namanya dalam sebuah penghargaan bergengsi.

Dalam perjalanannya, sepak bola banyak melahirkan pemain hebat di setiap generasinya. Para pemain hebat ini pun meninggalkan warisan yang nantinya membuat namanya selalu dikenang.

Biasanya, untuk mengenang sepak terjang seorang legenda sepak bola, beberapa pihak akan membangun atau membuat sebuah hal untuk terus mengenang kiprahnya.

Sebagai contoh ada patung seperti patung Bobby Moore ataupun Eusebio. Lalu ada pula namanya yang dijadikan nama stadion seperti Stadion Diego Maradona milik Napoli atau Johan Cruyff Arena milik Ajax Amsterdam.

Diego Maradona kala memperkuat Napoli pada 1988 silam. [BON ISHIKAWA / AFP]
Diego Maradona kala memperkuat Napoli pada 1988 silam. [BON ISHIKAWA / AFP]

Selain membuat patung atau menyematkan namanya ke sebuah stadion, penghormatan bagi para legenda sepak bola juga terlihat dari penghargaan pemain yang menggunakan nama legenda tersebut.

Pada gelaran Ballon d’Or beberapa waktu lalu, terdapat beberapa penghargaan seperti Kopa Trophy dan Yachine Trophy yang diambil dari nama legenda sepak bola. Belum lagi ada Puskas Award dan beberapa penghargaan bergengsi lainnya.

Dengan banyaknya penghargaan di sepak bola yang menyadur nama legenda, kira-kira siapa saja legenda yang namanya menjadi nama penghargaan untuk pemain saat ini? Berikut daftarnya.

1. Kopa Trophy

Kopa Trophy yang diraih Pedri pada ajang Ballon d’Or 2021 lalu merupakan penghargaan untuk kategori pemain muda terbaik yang digelar sejak 2018.

Adapun nama penghargaan itu diambil dari nama Raymond Kopa, pesepak bola Prancis yang merupakan peraih Ballon d’Or pada tahun 1958.

2. Puskas Award

Puskas Award diambil dari nama pemain legendaris asal Hungaria, Ferenc Puskas. Penghargaan ini didirikan pada 20 Oktober 2009 oleh FIFA atas permintaan presiden kala itu, Sepp Blatter.

Penghargaan ini diberikan untuk pemain yang mampu mencetak gol paling indah di ajang resmi dalam satu tahun kalender. Karenanya, gelar ini bisa diraih oleh semua pemain dari seluruh dunia.

3. Yashin Trophy

Gianluigi Donnarumma meraih trofi Yashin 2021. (FRANCK FIFE / AFP)
Gianluigi Donnarumma meraih trofi Yashin 2021. (FRANCK FIFE / AFP)

Pada penghargaan Ballon d’Or 2021 lalu, Gianluigi Donnarumma terpilih sebagai peraih Yashin Trophy. Penghargaan ini diberikan oleh France Football untuk kiper terbaik.

Penghargaan yang telah bergulir sejak 2019 ini diambil dari nama Lev Yashin, kiper legendaris asal Rusia yang disebut-sebut sebagai kiper terbaik sepanjang masa sepak bola.

4. Pichichi Trophy

Pichichi Trophy merupakan penghargaan untuk pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol. Musim lalu, gelar ini mampu direngkuh oleh Lionel Messi.

Gelar Pichichi ini diambil dari nama panggilan penyerang Spanyol dan Athletic Bilbao yakni Rafael Moreno Aranzadi. Di masa jayanya, ia mampu melesakkan 83 gol dari 89 pertandingan. Karenanya namanya pun dipilih Marca sebagai gelar top skor.

5. Zamora Trophy

Zamora trophy merupakan penghargaan yang diberikan untuk kiper yang tampil apik dengan jumlah kebobolan terendah di kancah La Liga atau Liga Spanyol.

Nama penghargaan ini diambil dari Ricardo Zamora yang tak lain kiper legendaris Spanyol yang pernah membela Real Madrid, Barcelona dan Espanyol.

6. Landon Donovan Award

Berbeda dengan 5 legenda sebelumnya, legenda satu ini belum lama pensiun. Meski begitu namanya sudah menjadi nama penghargaan. Sosok itu adalah Landon Donovan.

Namanya menjadi penghargaan Landon Donovan Award yang tak lain adalah penghargaan untuk pemain terbaik di Major League Soccer (MLS) dan telah dipakai sejak tahun 2015 untuk mengenang kiprahnya sebagai pesepak bola terbaik Amerika Serikat dan MLS.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini