Boladunia

Klopp Ogah Rekrut Pemain yang Belum Divaksi di Bursa Transfer Januari

Klopp akan berhati-hati merekrut pemain di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Inggris.

Rauhanda Riyantama

Senyum semringah Jurgen Klopp usai membawa Liverpool menang 5-2 atas Everton. (PAUL ELLIS / AFP)
Senyum semringah Jurgen Klopp usai membawa Liverpool menang 5-2 atas Everton. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, membuat keputusan mengejutkan jelang pembukaan bursa transfer Januari 2022. Ia menyebut bahwa tak akan merekrut pemain yang belum divaksin di tengah mengganasnya wabah Covid-19 di Liga Inggris.

Kasus positif yang menimpa klub-klub terus bertambah dan dipicu oleh varian Omicron di Inggris, sampai-sampai enam pertandingan liga ditunda akhir pekan kemarin.

Liga Sepakbola Inggris (EFL) baru-baru ini mengungkapkan bahwa sebanyak 25 persen dari pemain-pemain 72 klub Inggris yang mereka naungi (dari segala divisi) tidak mau divaksinasi COVID-19.

Ketika ditanya apakah status vaksinasi seorang pemain akan memengaruhi keputusan Liverpool dalam merekrut pemain di bursa transfer Januari nanti, Klopp menegaskan' "Ya, pasti berpengaruh!"

“Ambil contoh situasi kami. Jika ada pemain yang sama sekali tidak divaksinasi, maka dia selalu menjadi ancaman untuk kami semua," ungkap pelatih asal Jerman tersebut seperti dilansir Tribal Football, Senin (20/12/2021).

"Tentu saja, dia tak mau menjadi ancaman di klub dan merusak harmonisasi di tim. Jadi, vaksinasi adalah hal yang wajib di klub ini," tegasnya.

"Jika Anda sungguh ingin mematuhi protokol (kesehatan), itu sulit sekali dilakukan. Jika seseorang terkena COVID dan dia ada di sekitarnya dalam empat hari terakhir, dia mesti diisolasi. Jika kami harus pergi ke negara tempat kami memainkan pertandingan internasional dan saat kami kembali, pemain tersebut pastinya harus mengisolasi diri. Pasti itu berpengaruh."

"Jadi, kami harus ekstra hati-hati terhadap pemain yang tidak divaksinasi dan saya pikir itu tidak akan terjadi di klub ini."

Data terbaru Liga Inggris mengenai tingkat vaksinasi pemain sampai pertengahan Oktober 2021 mengungkapkan 81 persen pemain sudah mendapatkan paling sedikit satu dosis vaksin, yang 68 persen di antaranya sudah mendapatkan dua dosis vaksin.

Angka ini berbeda jauh dengan Liga Italia, yang mengumumkan bahwa 98 persen pemainnya sudah dua kali mendapatkan suntikan vaksin. Setali tiga uang, tingkat vaksinasi pemain di Liga Spanyol dan Bundesliga Jerman juga diketahui sangat tinggi.

Teranyar, Liverpool asuhan Klopp bermain imbang 2-2 dengan Tottenham Hotspur pada laga pekan ke-18 Liga Inggris di London Utara, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Duo gelandang andalan Liverpool, yakni kapten Jordan Henderson dan Thiago Alcantara tidak bermain pada laga tersebut dengan keduanya diyakini positif COVID-19.

Namun, tidak diketahui apakah keduanya sudah mendapatkan vaksinasi kedua atau malah belum divaksin sama sekali.

(Rully Fauzi)

Berita Terkait

Berita Terkini