Boladunia

Karena Shin Tae-yong, Media Malaysia Ikhlas Jika Timnya Dibantai Indonesia

Malaysia akan menghadapi Indonesia di laga penentuan untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Rauhanda Riyantama

Gelandang Timnas Malaysia, Brendan Gan. (Dok. FA Malaysia)
Gelandang Timnas Malaysia, Brendan Gan. (Dok. FA Malaysia)

Bolatimes.com - Efek kehadiran Shin Tae-yong sebagai pelatih Indonesia dinilai media Malaysia sebagai salah satu ancaman tersendiri bagi timnas Malaysia.

Media Malaysia bernama SemuanyaBola itu menilai, timnas Indonesia mengalami perkembangan pesat sejak diasuh oleh Shin Tae-yong, terutama dari segi mentalitas.

Menurut SemuanyaBola, perkembangan itu sudah tampak ketika skuad Garuda sukses menahan tim terkuat di Grup B Piala AFF 2020, Vietnam, imbang tanpa gol.

Pada pertandingan yang digelar di Bishan Stadium, Rabu (15/12/2021) itu, anak asuh Shin Tae-yong memang sukses membuat Vietnam kerepotan karena tampil solid di sektor pertahanan.

Dalam artikelnya yang berjudul ‘Semangat Indonesia Cukup untuk Ganyang Malaysia’ yang ditulis SemuanyaBola, timnas Indonesia memang dianggap dalam posisi lebih unggul untuk lolo ke babak semifinal Piala AFF 2020.

Sebab, anak asuh Shin Tae-yong hanya membutuhkan hasil imbang untuk melaju ke fase selanjutnya. Sementara itu, skuad Harimau Malaya membutuhkan tiga poin untuk lolos.

Sebetulnya, sampai saat ini dua wakil Grup B di babak semifinal masih belum bisa dipastikan. Namun, hanya ada tiga tim yang berpeluang besar lolos.

Selain Indonesia dan Malaysia, Vietnam juga menjadi salah satu kontestan yang memiliki kans besar untuk menjuarai Grup B Piala AFF 2020.

“Keberhasilan menahan imbang Vietnam baru-baru ini membuat timnas Indonesia tampil dengan semangat membara jelang duel melawan Malaysia,” tulis SemuanyaBola.

“Anak asuh Shin Tae-yong juga berhasil mengejutkan banyak pihak setelah menahan juara bertahan Vietnam tanpa gol,” mereka melanjutkan.

Salah satu perkembangan positif yang disebut oleh SemuanyaBola ialah aspek mental. Menurut mereka, Shin Tae-yong sukses membawa perubahan besar untuk mental pemain Indonesia.

Selain itu, sektor taktikal juga menjadi catatan tersendiri. Menurutnya, hal ini tak terlepas dari kemampuan pelatih asal Korea Selatan itu dalam meracik strategi.

“Shin Tae-yong pun menekankan kepada pemain bahwa mental pemain timnas Indonesia jauh lebih baik,” tulis mereka.

“Di bawah asuhan Shin Tae-yong, timnas Indonesia tampil dengan aksi yang lebih meyakinkan serta mengadopsi pola permainan yang terstruktur.”

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini