Boladunia

Tan Cheng Hoe Tegaskan Malaysia akan Main Menyerang Lawan Indonesia

Malaysia ingin memetik kemenangan atas Indonesia demi lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Rauhanda Riyantama

Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]
Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Bolatimes.com - Timnas Malaysia akan melawan Indonesia di laga menentukan untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) pukul 19.30 WIB. Pelatih Tan Cheng Hoe pun memastikan bahwa timnya akan tampil menyerang lawan skuat Garuda.

“Kami harus membuat peluang sebanyak mungkin di pertahanan Indonesia. Setiap gol yang kami ciptakan sangat penting artinya,” kata Tan dalam konferensi pers virtual sebelum pertandingan, seperti dilansir dari Antara.

Pria berusia 53 tahun itu menegaskan, setiap pemainnya sudah meresapi situasi bahwa hanya kemenangan yang dapat membawa Malaysia ke babak semifinal Piala AFF 2020. Skuad berjuluk Harimau Malaya mau tidak mau mesti menggempur lawan demi gol.

Meski begitu, Tan Cheng Hoe menyadari bahwa Indonesia memiliki pertahanan yang rapi dan disiplin. Hal itu tampak ketika Indonesia menahan imbang Vietnam tanpa gol, Rabu (15/12). Vietnam tak dapat membuat satu gol pun ke gawang tim Garuda meski membuat 21 kali tembakan dan menorehkan 69,1 persen penguasaan bola.

Bukan cuma itu, Tan juga menilai Indonesia sangat baik dalam transisi dari bertahan ke menyerang. Ini tentu saja menjadi pekerjaan rumah bagi Malaysia.

“Transisi Indonesia sangat cepat. Jadi kami mesti selalu fokus, bagaimana mengantisipasi serangan mereka ketika kami kehilangan bola,” kata laki-laki asal Kedah tersebut.

Demi mewujudkan target lolos ke empat besar, Tan meminta pula kepada pemainnya agar hanya berkonsentrasi ke sepak bola. Dia tidak ingin anak-anak asuhnya teralihkan ke hal-hal lain mengingat rivalitas sengit Malaysia dan Indonesia.

Timnas Malaysia sendiri saat ini berada dalam atmosfer positif lantaran para pemain yang sebelumnya positif COVID-19 sudah pulih dan tuntas menjalani karantina.

Skuad Harimau Malaya juga mendapatkan tenaga baru dengan kedatangan bek yang bermain untuk klub FC Midtjylland di Liga Denmark, Dion Cools. Cools tiba pada Kamis (16/12).

Walau baru berusia 25 tahun, Cools memiliki banyak pengalaman di Eropa. Dia sudah tampil di Liga Eropa dan Kualifikasi Liga Champions 2021-2022.

Berita Terkait

Berita Terkini