Boladunia

Kisah Faiq Bolkiah, Pesepak Bola Terkaya di Dunia yang Kini Tak Punya Klub

Intip kisah pesepak bola terkaya di dunia yang kini jadi pengangguran.

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Pemain Timnas Brunei Darussalam ini disebut sebagai pemain terkaya mengalahkan Ronaldo dan Messi. [@fjefrib / Instagram]
Pemain Timnas Brunei Darussalam ini disebut sebagai pemain terkaya mengalahkan Ronaldo dan Messi. [@fjefrib / Instagram]

Bolatimes.com - Nama Faiq Bolkiah mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun faktanya dia adalah pemain terkaya di dunia yang kini tak punya klub.

Bisa dikatakan, Faiq Bolkiah merupakan pemain terkaya di dunia saat ini. Bahkan kekayaannya melebihi gabungan kekayaan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Kekayaan Bolkiah didapat dari keluarganya. Ya, Bolkiah merupakan keponakan dari Sultan Brunei. Diketahui, kekayaan mantan pemain akademi Chelsea dan Leicester City ini mencapai 20 miliar dolar (Rp289 triliun).

Meski punya kekayaan yang sangat melimpah, pemain yang kini berusia 23 tahun itu tetap mengejar mimpinya sebagai pesepak bola.

Sayangnya, pemain asal Brunei Darussalam ini tidak punya klub alias pengangguran usai kontraknya habis bersama CS Maritimo B.

Nah sebelum saat kini jadi pengangguran, Faiq meniti karier di akademi Southampton, Chelsea, dan Leicester. Pemain yang lahir di Los Angeles ini tapi tak bisa menembus tim utama beberapa klub Inggris yang sempat dibelanya.

Pada akhirnya, dia hengkang ke klub Portugal Maritimo pada tahun 2020 lalu. Ternyata kariernya di negara asal Cristiano Ronaldo itu sama saja.

Maritimo kesulitan mencari cara agar memenuhi syarat masuk ke tim utama. Alhasil Faiq kemudian dikirim ke tim B musim ini.

Sayang Faiq tidak memperlihatkan performanya terbaiknya dan Maritimo B pun mengakhiri kontraknya pada musim ini.

Kendati gagal di beberapa klub, Faiq sendiri nampaknya belum patah arang untuk menjadi pemain profesional. Dia masih akan mengejar impiannya.

Pasalnya, Faiq sendiri sepertinya tidak akan pusing dengan kontrak atau gaji yang didapatkannya. Sebab dia bisa dibilang pemain terkaya di dunia karena sosoknya yang ternyata putra Pangeran Brunei Darussalam.

Berita Terkait

Berita Terkini