Boladunia

Striker Kamboja Chan Vathanaka Bikin Rekor, Cetak Gol di 3 Edisi Piala AFF

Chan Vathanaka tak pernah absen cetak gol buat Kamboja saat tampil di Piala AFF.

Rauhanda Riyantama

Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)
Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Saat mata penikmat sepak bola tertuju pada laga Indonesia vs Vietnam, di partai grup B lainnya terdapat laga antara Kamboja vs Laos. Siapa sangka, di laga ini tercipta rekor yang dibuat pemain bernama Chan Vathanaka.

Laga ketiga grup B Piala AFF 2020 tak hanya menampilkan pertandingan Indonesia vs Vietnam saja, melainkan juga tim papan bawah klasemen yakni Kamboja vs Laos.

Dalam duel yang tak menentukan hasil apapun itu, kedua tim tetap bermain ngotot demi mencari kemenangan perdananya di Piala AFF 2020.

Di laga yang berlangsung sebelum duel Indonesia vs Vietnam ini, Kamboja berhasil keluar sebagai pemenang usai menumbangkan Laos dengan skor cukup telak yakni 3-0.

Kamboja berhasil meraih kemenangan berkat sumbangsih dua gol Chan Vathanaka di menit ke-31 dan 41 serta satu gol dari Sieng Chantea di menit ke-74.

Kemenangan ini menjadi obat pelipur lara bagi Kamboja yang di dua partai sebelumnya di grup B yakni melawan Indonesia dan Malaysia, skuat Angkor Warriors takluk dengan total kebobolan 7 gol.

Tiga gol ke gawang Laos ini otomatis mendongkrak selisih gol Kamboja yang sebelumnya minus empat gol menjadi minus satu gol saja di klasemen grup B Piala AFF 2020.

Dalam kemenangan ini,  penyerang Kamboja yakni Chan Vathanaka menorehkan rekor pribadi atas namanya. Sebab ia mampu menjadi pemain Angkor Warriors yang selalu mencetak gol di tiga edisi terakhir Piala AFF.

Catatan Bersejarah Chan Vathanaka

Dua golnya ke gawang Laos membuat Chan Vathanaka tercatat mampu mencetak gol di Piala AFF edisi 2016, 2018 dan 2020.

Gol pertama Chan Vathanaka di Piala AFF sendiri terjadi pada 2016. Kala itu, penyerang milik Boeung Ket itu masih berusia 23 tahun.

Gol pertamanya di Piala AFF terjadi saat Kamboja menghadapi Malaysia di laga perdana grup B Piala AFF 2016, di mana di laga itu ia mencetak dua gol.

Lalu di Piala AFF 2018, Chan Vathanaka kembali mampu mencetak gol kala Kamboja bersua Myanmar di laga kedua grup A.

Sedangkan di Piala AFF 2020, pemain berusia 27 tahun ini kembali mencetak gol kala Kamboja membungkam Laos 3-0 dengan torehan dua golnya.

Hanya saja, torehan gol yang dibuat Chan Vathanaka di tiga edisi terakhir Piala AFF belum mampu membawa Kamboja lolos dari babak grup dan menembus semifinal.

Meski demikian, sumbansih Chan Vathanaka menjadi catatan pribadi untuknya yang kini hanya terpaut satu gol dari Hok Sochetra sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Kamboja.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini