Boladunia

Laos Dituding Terlibat Pengaturan Skor, Ini Respons Panpel Piala AFF 2020

Panpel Piala AFF 2020 buka suara terkait isu pengaturan skor yang menyeret timnas Laos.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Timnas Laos di Piala AFF 2020. [AFF Suzuki Cup 2020]
Timnas Laos di Piala AFF 2020. [AFF Suzuki Cup 2020]

Bolatimes.com - Ketua Panitia Penyelenggara (panpel) Piala AFF 2020, Lim Kia Tong, akhirnya buka suara terkait isu pengaturan skor yang melibatkan timnas Laos.

Sebelumnya timnas Laos diterpa rumor miring bahwa mereka diduga dalam praktik pengaturan skor. Hal itu diungkap oleh jurnalis kelahiran Prancis bernama Romain Molina.

Via akun Twitter miliknya pada Minggu (12/12/2021), Molina secara blak-blakan menyebut Laos bermain dalam jumlah yang besar.

"Laos terus mengatur pertandingan mereka sendiri dalam kompetisi resmi (Piala AFF, Kejuaraan Asia Tenggara) mereka bermaind dengan tenang dalam jumlah besar," cuitnya.

"Ada peringatan di mana-mana karena taruhan, tapi AFC (Konfederasi Asia) dan FIFA tidak peduli," tutupnya.

Menanggapi isu miring tersebut Ketua Panpel Piala AFF 2020, Lim Kia Tong memberikan peringatan kepada para tim peserta.

Lim Kia Tong yang juga presiden FA Singapura mengatakan bahwa mereka telah memantau kompetisi bersama Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB) Singapura.

"AFF tidak menoleransi pengaturan skor. Kami bersama CPIB telah memantau pertandingan agaar tiudak terjadi manipulasi pertandingan di kompetisi," ucapnya dikutip dari Harian Metro, Rabu (15/12/2021).

Aksi Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia hajar Laos 5-1 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Aksi Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia hajar Laos 5-1 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

"Hukuman berat menanti mereka yang terlibat. Pemain atau ofisial yang dinyatakan bersalah di pengadilan (Singapura) atau panpel Piala AFF karena korupsi sepak bola, dapat dilarang melakukan aktivitas sepak bola," imbuhnya.

Lim Kia Tong juga menjelaskan sebelum Piala AFF 2020 dimulai, semua pemain dan ofisial sudah diarahkan oleh otoritas setempat mengenai apa yang dimaksud dengan pengaturan skor beserta konsekuensinya.

Sementara itu, Piala AFF 2020 sudah memasuki fase terakhir grup. Di Grup A Piala AFF, Thailand dan Singapura sudah memastikan diri lolos ke semifinal.

Dua tim itu akan bertarung pada Sabtu (18/12/2021). Laga itu akan menentukan siapa tim yang akan finis sebagai pemuncak klasemen Grup A Piala AFF 2020.

Sedangkan di Grup B Piala AFF 2020, masih ada tiga tim yang punya kans lolos ke babak semifinal. Mereka adalah Indonesia, Vietnam, dan Malaysia.

Ketiga tim tersebut, sama-sama meraih koleksi enam poin. Indonesia berada di urutan pertama dengan agresivitas (+6), sedangkan Vietnam (+5), dan Malaysia (+3).

Berita Terkait

Berita Terkini