Boladunia

Profil Nguyen Tuan Anh, Eks Yokohama FC Gelandang Andalan Vietnam di AFF

Nguyen Tuan Anh merupakan jenderal lapangan tengah Timnas Vietnam. Ia menjadi kuci kemenangan besar Vietnam atas Malaysia di Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Timnas Vietnam, Nguyen Tuan Ahn, di Piala AFF 2020. (Dok. VTV)
Gelandang Timnas Vietnam, Nguyen Tuan Ahn, di Piala AFF 2020. (Dok. VTV)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia wajib mewaspadai gelandang Vietnam, Nguyen Tuan Anh, yang sukses membuat pertahanan Malaysia kerepotan pada pertandingan Grup B Piala AFF 2020.

Tak berlebihan kiranya untuk mengantisipasi pergerakan Nguyen Tuan Anh. Sebab, bek-bek timnas Malaysia dibuat kalang kabut oleh gelandang andalan Vietnam ini.

Terbukti, Nguyen Tuan Anh sukses mencetak dua assist yang membantu timnya meraih kemenangan 3-0 atas Garuda Malaya di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021).

Dua assist itu tercipta saat Nguyen Tuan Anh memberikan umpan matang kepada Nguyen Quang Hai pada menit ke-32. Sementara itu, satu assist lainnya tercipta saat Nguyen Tuan Anh memberikan servis kepada Nguyen Hoang Duc pada menit ke-89.

Dengan dua kontribusi tersebut, skuad Merah Putih harus mewaspadai pergerakan Nguyen Tuan Anh. Sebab, gelandang berusia 26 tahun ini juga memiliki kapasitas untuk mengkreasi serangan.

Profil Nguyen Tuan Anh

Nguyen Tuan Anh merupakan gelandang tengah yang sudah menjadi andalan timnas Vietnam sejak dia bermain di kelompok usia muda.

Bahkan, ada pula yang menyebut bahwa pemain kelahiran Thai Binh, 16 Mei 1995, ini sebagai salah satu gelandang yang paling bertalenta dan memiliki bakat teknis sepanjang sejarah sepak bola Vietnam.

Sebagai informasi, Nguyen Tuan Anh merupakan produk dari akademi Hoang Anh Gia Lai (HAGL) yang bekerja sama dengan Arsenal JMG Academy.

Sejak bergabung dengan HAGL-Arsenal JMG Academy pada tahun 2007, Nguyen Tuan Anh sukses mendapatkan kesempatan promosi di tim utama Hoang Anh Gia Lai pada tahun 2015.

Sebagai informasi, akademi yang berbasis di Provinsi Gia Lai ini memang menjadi penyuplai pemain-pemain matang untuk HAGL yang berkompetisi di V-League.

Saat itu, pada tahun 2015, HAGL FC memang melakukan perombakan besar-besaran di skuad utama mereka. Sebagian besar pemainnya dilepas dan diganti pemain-pemain muda jebolan akademi.

Hanya ada beberapa nama pemain yang dipertahankan guna membimbing pemain muda yang berasal dari akademi. Tuan Anh menjadi salah satu pemain dari generasi pertama yang promosi ke tim utama HAGL FC.

Debutnya di ajang V-League tercipta pada 4 Januari 2015 saat HAGL FC menjalani laga pertama di musim itu melawan Sanna Khanh Hoa FC.

Sementara itu, gol pertamanya tercatat saat HAGL FC meraih kemenangan 4-2 pada 14 April 2015. Saat itu,Nguyen Tuan Anh memenangkan penghargaan pemain muda terbaik tahun 2014.

Dia juga menjadi pemain terbaik pada akhir musim karena sukses mencatatkan penampilan terbanyak di HAGL FC dengan memainkan seluruh 26 laga, termasuk 25 di antaranya sebagai starter.

Kiprah itulah yang membuatnya direkrut klub Liga Jepang, Yokohama FC pada Desember 2015 dengan status pinjaman selama satu musim.

Salah satu momen terbaiknya bersama Yokohama FC terjadi ketika berjumpa Nagano Parceiro pada ajang Emperor’s Cup. Dia sukses mendapatkan penalti untuk timnya dan mencetak gol kemenangan setelah laga berakhir dengan skor 3-2.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini