Boladunia

Indonesia Dapat Jatah Bermain di Liga Champions Asia pada 2023

Indonesia terakhir kali dapat jatah Liga Champions Asia pada 2020.

Rauhanda Riyantama

Trofi Liga Champions Asia. (WILLIAM WEST / AFP)
Trofi Liga Champions Asia. (WILLIAM WEST / AFP)

Bolatimes.com - Atmosfer Liga Champions Asia (LCA) akan kembali dirasakan oleh klub-klub asal Indonesia. Kepastian ini diumumkan melalui keterangan resmi dari konfederasi sepak bola Asia (AFC).

Terakhir kali klub Indonesia ikut bersaing di Liga Champions Asia adalah Bali United pada tahun 2020. Namun ketika itu, Bali United gagal lolos ke babak play-off usai disingkirkan Melbourne Victory.

Setelah Bali United, tidak ada wakil dari Indonesia yang bisa mentas di Liga Champions Asia pada 2021 dan 2022.

Penyebabnya adalah mengacu pada perhitungan poin di mana Indonesia tidak ada dalam daftar klub yang berhak tampil di Liga Champions Asia.

Berdasarkan ranking kompetisi di Asia pada 2021 yang dirilis pada 24 November lalu, Liga 1 20221/22 ada di posisi ke-26 dengan 15,96 poin.

Meski hanya menempati posisi ke-26 secara keseluruhan, Indonesia masuk ke dalam 12 besar Zona Timur.

Dengan kondisi itu, Indonesia berkah mengirimkan satu wakilnya untuk bertanding di babak play-off Liga Champions Asia Zona Timur.

Adapun, klub Indonesia yang berhak tampil di play-off Liga Champions Zona Timur pada 2023 nanti adalah klub yang berhasil menjadi juara Liga 1 2021/22.

Di zona itu, ada enam negara Asia Tenggara yang berhak tampil di LCA. Selain Indonesia, lima negara lainnya adalah Thailand yang mendapatkan masing-masing dua tiket otomatis ke fase grup dan babak pendahuluan/play-off.

Selain mereka, ada pula Vietnam yang mendapat jatah satu tiket fase grup dan 1 tiket babak pendahuluan. Kemudian ada Filipina yang mendapat 1 tiket ke babak grup sama dengan Malaysia, kemudian ada Singapura yang sama-sama seperti Indonesia di mana mendapat satu tiket ke babak play-off.

Sementara untuk jatah bermain di Piala AFC, tidak ada perubahan. Indonesia tetap mendapatkan masing-masing satu tiket otomatis ke fase grup Zona ASEAN dan babak play-off.

Akan tetapi, persaingan di fase grup Zona ASEAN di Piala AFC 2023 nanti akan semakin sengit karena  klub asal Australia juga bakal berlaga di Piala AFC. Australia mendapatkan jatah 2 tiket ke fase grup.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini