Boladunia

Kasihan Andriy Shevchenko, Genoa Kalah Di Laga Derbi della Lanterna

Shevchenko menelan tiga kekalahan dan hanya mengantungi satu poin saja dari empat pertandingan pertamanya sejak dipercaya menangani Genoa

Irwan Febri Rialdi

Andriy Shevchenko ketika mendampingi Timnas Ukraina. (Robert Perry/AFP)
Andriy Shevchenko ketika mendampingi Timnas Ukraina. (Robert Perry/AFP)

Bolatimes.com - Sampdoria memperburuk awal tenor kepelatihan Andriy Shevchenko di Genoa setelah menundukkan rival sekotanya itu dalam Derbi della Lanterna dengan skor 3-1 untuk laga pekan ke-17 Liga Italia di Stadion Luigi Ferraris, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Hasil itu membuat Shevchenko menelan tiga kekalahan dan hanya mengantungi satu poin saja dari empat pertandingan pertamanya sejak dipercaya menangani Genoa pada akhir bulan lalu.

Anak-anak asuh Shevchenko kewalahan meladeni permainan Sampdoria sejak sepak mula dan tujuh menit pertandingan berjalan tim tamu langsung membuka keunggulan lewat tandukan Manolo Gabbiadini menyelesaikan situasi tendangan sudut.

Keunggulan Sampdoria bertahan hingga turun minum dan digandakan oleh Francesco Caputo pada menit ke-49 saat ia sigap menyambar bola muntah hasil tembakan Antonio Candreva yang gagal dihentikan sempurna oleh kiper Salvatore Sirigu.

Genoa perlahan mulai memberi perlawanan sejumlah peluang dari Milan Badelj, Goran Pandev, Hernani dan Mattia Destro tak kunjung membuahkan hasil.

Yang terjadi kemudian malah Sampdoria menambah lagi marjin keunggulan mereka jadi 3-0 pada menit ke-67 saat Zinho Vanheusden mencetak gol bunuh diri kala berusaha menghalau bola tembakan Gabbiadini.

Tuan rumah baru bisa mencetak gol balasan menit ke-78 saat Destro menanduk umpan silang Andrea Cambiasso, yang nyaris dijawab langsung oleh Sampdoria bila saja tembakan Candreva tak dimentahkan tiang gawang.

Genoa tak bisa berbuat banyak di sisa waktu yang ada dan skor 3-1 bagi tim tamu bertahan hingga bubaran, memantapkan dominasi Sampdoria yang kini telah meraih 41 kemenangan dalam 104 kali edisi Derbi della Lanterna sepanjang masa.

Hasil itu menjadi kemenangan pertama bagi Sampdoria dalam tiga laga terakhir dan mereka naik satu strip ke urutan ke-14 dengan raihan 18 poin.

Sedangkan Genoa yang kini melewatkan 14 pertandingan tanpa satu kemenangan pun tertahan di peringkat ke-19 dengan 10 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Kedua tim selanjutnya akan tampil di putaran kedua Coppa Italia dan sama-sama main di Luigi Ferraris, saat Genoa menjamu Salernitana pada Selasa (14/12) pekan depan dan Sampdoria dua hari kemudian menghadapi Torino.

Lantas pada Jumat (17/12) Genoa akan bertandang ke ibu kota menantang Lazio di Olimpico, lantas dua hari berselang Sampdoria menjamu Venezia di Luigi Ferraris.

Berita Terkait

Berita Terkini