Boladunia

Deretan Pesepak Bola yang Sukses Cetak Gol dari Sepak Pojok

Deretan pesepak bola ini seolah punya magis tersendiri bisa cetak gol dari sepak pojok.

Rauhanda Riyantama

Gelandang Juventus, Juan Cuadrado cetak gol langsung dari sepak pojok ke gawang Genoa dalam lanjutan Liga Italia. (ISABELLA BONOTTO / AFP)
Gelandang Juventus, Juan Cuadrado cetak gol langsung dari sepak pojok ke gawang Genoa dalam lanjutan Liga Italia. (ISABELLA BONOTTO / AFP)

Bolatimes.com - Mencetak gol langsung dari sepak pojok bukanlah perkara mudah. Sedikit saja pemain yang bisa mencetak gol dari situasi tendangan sudut.

Belum lama ini, dunia sepak bola dikejutkan dengan hadirnya dua gol langsung dari sepak pojok di pekan ke-16 Serie A Liga Italia 2021/22.

Dua gol langsung dari sepak pojok itu dicetak oleh Hakan Calhanoglu saat Inter Milan berjumpa AS Roma (05/12/21) dan Juan Cuadrado saat Juventus bersua Genoa (06/12/21).

Calhanoglu mencetak gol langsung dari tendangan sudut di sisi kanan gawang AS Roma di menit ke-15 di mana sepakannya melengkung dan gagal dihadang Rui Patricio.

Sedangkan Cuadrado mencetaknya di menit ke-9 lewat tendangan sudut dari sisi kanan tanpa bisa dihadang oleh Salvatore Sirigu.

Gol kedua pemain ini terkesan indah karena putaran dan lengkungan arah bola yang dibuat. Maka tak heran jarang pesepak bola bisa menduplikasi gol dari tendangan sudut.

Meski jarang, ada beberapa pemain yang bisa mencetak gol secara langsung dari sepak pojok. Kira-kira siapa saja pemain tersebut?

1. Toni Kroos

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos (Gabriel Bouys/AFP)
Gelandang Real Madrid, Toni Kroos (Gabriel Bouys/AFP)

Toni Kroos pernah menggegerkan dunia setelah mencetak gol langsung dari tendangan sudut ke gawang Valencia pada 2020 lalu.

Toni Kroos mencetak gol tersebut di semifinal Supercopa de Espana yang dimainkan di Arab Saudi. Real Madrid pun berhasil meraih kemenangan di laga itu.

2. Junior Stanislas

Bergeser ke Inggris, ada nama Junior Stanislas yang mencetak gol langsung dari sepak pojok. Tak tanggung-tanggung, gol itu ia buat ke gawang David De Gea di awal laga, tepatnya di detik ke-100.

Junior Stanislas mencetak gol indah itu saat AFC Bournemouth menjamu Manchester United dalam lanjutan Premier League 2015/16.

3. Michael Bradley

Tak hanya di level klub, gol dari sepak pojok juga pernah tercipta di laga internasional saat Amerika Serikat berhadapan dengan Panama di ajang CONCACAF Gold Cup pada 2015 silam.

Adalah Michael Bradley yang mencetak gol itu ke gawang Panama. Gol tersebut nyatanya memberi tuah baik, karena memutus tren negatif Amerika Serikat.

4. Thierry Henry

Thierry Henry saat membela Barcelona pada tahun 2010 (Cristina Quicler/AFP)
Thierry Henry saat membela Barcelona pada tahun 2010 (Cristina Quicler/AFP)

Masih dari tanah Paman Sam, ada pemain legendaris Thierry Henry yang unjuk kebolehan mencetak gol langsung dari sepak pojok di laga kompetitif.

Gol itu dibuat Henry saat membela New York Red Bulls dan tengah berhadapan dengan Columbus Crew pada 2012 yang berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk timnya.

5. David Beckham

Soal tendangan melengkung, tentu David Beckham rajanya. Saking apiknya eksekusi bola yang ia lakukan, ia pernah mencetak gol langsung dari sepak pojok.

Gol itu dibuat Beckham kala berseragam Los Angeles Galaxy yang berhadapan dengan Chicago Fire pada 2011 silam. Gol indah itu turut membantu timnya meraih kemenangan 2-1.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini