Boladunia

Menilik Sejarah Lahirnya Piala Dunia Antarklub

Tepat hari ini, 10 Desember, Piala Dunia Antarklub lahir.

Rauhanda Riyantama

Liverpool juara Piala Dunia Antarklub 2019. (KARIM JAAFAR / AFP)
Liverpool juara Piala Dunia Antarklub 2019. (KARIM JAAFAR / AFP)

Bolatimes.com - Piala Dunia jadi panggung prestisius buat pesepak bola. Di ajang itu, para aktor lapangan hijau berjuang untuk negara mereka meraih tropi.

Tapi, bagaimana dengan Piala Dunia Antarklub? Ajang ini sejatinya juga tak kalah mentereng sebetulnya, meski, ya, tak banyak yang tahu.

Sejarah lahirnya Piala Dunia Antarklub

Sebelum kita mengenal Piala Dunia Antarklub, pada 1887 sempat ada Football World Championship. Ajang ini mempertemukan juara Skotlandia dan Inggris yang pada 1909 oleh Sir Thomas Lipton dilabeli Piala Dunia Pertama.

Namun, Piala Dunia Antarklub pertama yang dianggap paling mewakili ialah Piala Interkontinental. Ajang ini mewakili juara dua konfederasi yakni EUFA (Eropa) dan CONMEBOL (Amerika Selatan).

Piala Interkontinental sudah ada sejak 1960. Seiring berjalannya turnamen, pada 1980 namanya berubah menjadi Piala Toyota (karena alasan sponsor).

Meski berlabel Piala Dunia, ajang ini kerap menjadi cibiran. Sebab, tak ada perwakilan dari konfederasi lain yang ikut andil berpartisipasi.

Pada tahun 2000, FIFA sejatinya sempat membuat turnamen yang melibatkan seluruh federasi. Mulai dari CONCACAF, AFC, OFC, CAF, dan 2 peserta dari UEFA dan CONMEBOL. Tapi, ajang ini kalah mengilap dari Piala Interkontinental yang digelar tiap tahunnya.

Untuk mencari jalan keluarnya, pada 10 Desember 2004, FIFA memutuskan merestorasi Club World Championship sembari berkolaborasi dengan Piala Interkontinental. Alhasil, lahirlah Piala Dunia Antarklub atau FIFA Club World Cup yang dilaksanakan setahun sekali.

Sejak sepak mula digulirkan, Piala Dunia Antarklub benar-benar mengakomodasi semua konfederasi. Ada 7 peserta yang 6 di antaranya adalah juara di tiap konfederasi dan 1 negara adalah perwakilan dari tuan rumah.

Edisi pertama menelurkan Jepang sebagai tuan rumah. Di ajang itu, Sao Paulo jadi peraih tropi perdana.

Masa Depan Piala Dunia Antarklub

Pada 2017 FIFA berencana akan mengganti format kompetisi. Mereka berencana akan menggulirkan Piala Dunia Antarklub ini 4 tahun sekali dengan ide yang sama dengan Piala Dunia Antarnegara.

Adapun, ide ini dibuat untuk mengganti Piala Konfederasi yang jadi ajang pemanasan sebelum Piala Dunia Antarnegara. Biasanya, agenda ini dilakukan 1 tahun sebelum Piala Dunia bergulir.

Semula, Piala Dunia Antarklub akan menggunakan format 24 peserta dan diujicobakan pada 2021 di Tiongkok. Hanya, karena pandemi corona, rencana ini molor ke 2022.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini