Boladunia

Cerita Ralf Rangnick saat Jadi Bulan-bulan Ferguson di Liga Champions

Saat melatih Schalke 04, Rangnick pernah dihajar Manchester United asuhan Sir Alex Ferguson.

Rauhanda Riyantama

Pelatih interim Manchester United, Ralf Rangnick jabat tangan dengan Cristiano Ronaldo dalam laga Liga Inggris kontra Crystal Palace di Old Trafford, Manchester, Minggu (5/12/2021) malam WIB. [PAUL ELLIS / AFP]
Pelatih interim Manchester United, Ralf Rangnick jabat tangan dengan Cristiano Ronaldo dalam laga Liga Inggris kontra Crystal Palace di Old Trafford, Manchester, Minggu (5/12/2021) malam WIB. [PAUL ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Ralf Rangnick baru saja memulai debutnya melatih Manchester United di Liga Champions. Bersua Young Boys di matchday pemungkas, Kamis (9/12) dini hari WIB, hasil imbang harus ia dapatkan.

Omong-omong soal Liga Champions, Rangnic, dan Man United, sebelum jadi pelatih interim, sosok Jerman ini pernah bersua Iblis Merah saat melatih Schalke 04. Ketika itu, Rangnick dan anak asuhnya sukses melaju ke semifinal di musim 2010/11.

MU yang ketika itu masih dilatih Sir Alex Ferguson akan bertemu pada dua kali kesempatan. Namun, sebelum bentrok di semifinal terjadi, Rangnick diam-diam datang ke Old Trafford untuk menyaksikan laga MU vs Newcastel United pada 19 April 2011.

Adapun, maksud Rangnick menyaksikan pertandingan itu guna mencari tahu kelemahan MU. Setelah jas hitam lengkap dengan buku catatan kecil ia bawa sebagai atribut.

Hari pertandingan kemudian tiba. MU telebih dulu awayday ke Jerman pada 26 April 2011. Dan apa yang sudah dirancang oleh Rangnick nyatanya tak sesuai dengan ekspektasinya.

Saat bermain di kandang Scahlke, MU tampil dominan. Sebanyak 10 tembakan mengarah ke gawang, 2 di antaranya berujung gol. Di satu sisi, tuan rumah hanya melepaskan 5 upaya shoot on goal dan tak berujung gol.

Apa yang sudah dirancang Rangnick untuk mengetahui kelemahan MU gagal di leg pertama. Laga, seperti semifinal Liga Champions, kemudian dilanjutkan ke leg kedua.

Di leg kedua, saat bermain di Old Traffor, Rangnick dan pasukannya kembali kalah. Memang mereka mencetak 1 gol dari 4 upaya tembakan. Tapi, MU melepaskan 8 shoot on goal dan 4 di antaranya berujung gol.

Alhasil, Scahlke asuhan Rangnick kalah dengan agregat 6-1. Apa yang dilakukan pria dengan gelar Profesor Sepak Bola Jerman itu harus pupus saat timnya dihajar oleh Sir Alex Ferguson.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini