Boladunia

5 Pelatih Kondang yang Pernah Tolak Manchester United

5 pelatih kenamaan ini tolak mentah-mentah untuk latih Manchester United.

Rauhanda Riyantama

Roberto Mancini. (Sumber: The Laziali).
Roberto Mancini. (Sumber: The Laziali).

Bolatimes.com - Tak dimungkiri, Manchester United menjadi salah satu destinasi yang diidam-idamkan buat sejumlah pelatih. Namun faktanya, ada sejumlah pelatih kondang yang justru menolak untuk mendampingi Iblis Merah di tepi lapangan.

Padahal, Man United punya sederet prestasi yang sudah diakui. Ya, meski beberapa tahun belakangan minim trofi mayor, tapi melatih skuat sekelas MU tentu bukan kesempatan yang mudah untuk didapatkan.

Tapi, mereka-mereka di bawah ini adalah sosok yang menolak melatih MU. Berikut Bolatimes rangkum dari sejumlah sumber:

1. Carlo Ancelotti

Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti (AFP)
Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti (AFP)

Ancelotti nyaris bergabung dengan MU pada 2013. Rumor itu sempat menggaung di saat Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun menjadi juru latih.

Alih-alih menerima pinangan MU, Ancelotti justru memilih bergabung dengan Real Madrid. Sebab, di waktu yang nyaris bersamaan, Don Carletto, demikian sapaannya, sudah menyepakati kontrak lisan dengan El Real.

2. Roberto Mancini

Roberto Mancini. (Sumber: Dok. Manchester Evening News).
Roberto Mancini. (Sumber: Dok. Manchester Evening News).

Bekas pelatih Man City, Mancini, nyaris saja bergabung dengan Man United. Nama Mancini mencuat usai manajemen Iblis Merah mendepak Ole Gunnar Solskjaer.

Mancini yang mendapat tawaran itu kemudian menolaknya. Sebab, dirinya masih terikat kontrak dengan Timnas Italia hingga Piala Dunia 2022.

3. Zinedine Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)

Sebelum kedatangan Ralf Rangnick, MU sempat dikait-kaitkan dengan Zidane sebagai juru latih. Terlebih, eks juru taktik Real Madrid ini tengah menganggur.

Adapun, Zidane dikabarkan menolak pinangan MU. Sebab, legenda Timnas Prancis ini berencana akan menukangi Paris Saint-Germain di masa mendatang.

4. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp di laga Manchester United vs Liverpool. (Oli SCARFF / AFP)
Jurgen Klopp di laga Manchester United vs Liverpool. (Oli SCARFF / AFP)

Beberapa waktu belakangan, Klopp yang kini menukangi Liverpool sempat akan melatih MU. Tawaran datang saat Ferguson pensiun di 2013.

Namun, Klopp menyatakan bahwa tawaran resmi dari manajemen tak pernah datang. Alhasil, dirinya tetap di Jerman ketika itu dan meraih kesuksesan bersama Borussia Dortmund.

5. Arsene Wenger

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger (Ian Kington/AFP)
Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger (Ian Kington/AFP)

Tak ada yang menyangka manajer Arsenal, Arsene Wenger, ternyata pernah ditawari untuk melatih Man United. Padahal, MU adalah seteru abadi Arsenal saat sosok asal Prancis itu melatih Meriam London.

Hanya, Wenger menutup rapat kapan penawaran itu datang. Dia mengatakannya dalam sebuah wawancara.

''Saya tidak [bisa] memberitahu Anda itu (kapan waktu tawaran datang), tetapi saya dapat memberitahu Anda, bahwa Man United menawari saya pekerjaan itu.''

''Ah, kami memiliki beberapa pertempuran yang bagus. Dia (Ferguson) adalah pria yang cerdas. Anda tidak memiliki karir seperti orang ini jika Anda bodoh,” kata Wenger.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini