Boladunia

5 Eks Pemain Liga Inggris yang Kini Menganggur, Ada Mantan Kapten Chelsea

Punya pengalaman di Liga Inggris dan kini berstatus tanpa klub. Klub Liga 1 ada yang berminat?

Irwan Febri Rialdi

Branislav Ivanovic memperkuat Chelsea di pertandingan Liga Premier Inggris. [AFP]
Branislav Ivanovic memperkuat Chelsea di pertandingan Liga Premier Inggris. [AFP]

Bolatimes.com - Ketatnya persaingan yang tersaji di kompetisi Liga Inggris tak jarang membuat pemain-pemainnya tersingkir hingga akhirnya menganggur karena berstatus tanpa klub.

Setidaknya, ada sejumlah pesepak bola yang pernah menghabiskan kariernya di Liga Inggris, tapi kini tak memiliki klub setelah kontraknya berakhir.

Karena kontraknya tak diperpanjang dan tak ada satu pun klub yang meminangnya, kini mereka masih menganggur karena belum mendapat pekerjaan baru.

Sebagian besar pemain-pemain ini memang telah berusia senja, alias tak muda lagi. Sebetulnya, pengalaman mereka cukup berharga bagi klub lainnya di luar Negeri Ratu Elizabeth.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain yang pernah berkarier di Liga Inggris yang kini berstatus menganggur.

1. Hal Robson-Kanu

Setelah kontraknya bersama West Brom United berakhir pada 1 Juli 2021, kini Hal Robson-Kanu menjadi salah satu pemain yang berstatus tanpa klub.

Penyerang berpaspor Wales ini tak kunjung mendapatkan pelabuhan baru. Sebelum bermain bersama West Brom, seluruh kariernya memang dihabiskan di Liga Inggris.

Robson-Kanu tercatat pernah memperkuat Reading, Swindon Town, hingga Southend United.

Mantan penyerang timnas Wales ini sebetulnya bisa bermain multiposisi, karena sanggup bermain sebagai penyerang sayap, baik itu kiri maupun kanan.

2. Gaetano Berardi

Bek timnas Swiss, Gaetano Berardi, akhirnya berstatus tanpa klub alias menganggur setelah kontraknya bersama Leeds United berakhir pada 1 Juli 2021.

Sebelumnya, dia telah menghabiskan waktu selama tujuh tahun bersama Leeds United. Selama berada di sana, Berardi sempat bermain di sejumlah posisi.

Selain sebagai bek kanan yang menjadi posisi utamanya, dia bisa diplot sebagai bek tengah maupun bek kiri.

Sebelum bergabung dengan Leeds, Berardi sempat berkarier di Liga Italia bersama sejumlah klub seperti Sampdoria dan Brescia.

3. Willy Caballero

Penjaga gawang asal Argentina, Willy Caballero, pernah bermain untuk dua klub besar di Liga Inggris, yakni Manchester City dan Chelsea.

Kariernya di Liga Inggris berawal bersama Manchester City saat direkrut pada tahun 2014 dari klub Liga Spanyol, Malaga.

Bersama The Citizens, dia sukses meraih sejumlah gelar. Kemudian, dia direkrut Chelsea pada 2017 dan memenangkan beberapa gelar seperti Liga Champions 2020/2021, Liga Eropa 2018/2019, hingga Piala FA 2017/2018.

Setelah kontraknya bersama The Blues berakhir pada Juni 2021, kini mantan penjaga gawang Boca Juniors itu berstatus tanpa klub.

4. Branislav Ivanovic

Setelah memulai kariernya di Liga Inggris bersama Chelsea, Branislav Ivanovic pernah tercatat sebagai salah satu bek terbaik di dataran Eropa.

Pemain berpaspor Serbia itu memang menghabiskan banyak waktunya bersama The Blues. Tercatat, ia tiba di Stamford Bridge pada 2008 dan akhirnya angkat kaki pada 2017.

Setelah sempat bermain bersama Zenit Saint Petersburg selama tiga musim, Ivanovic kembali ke Negeri Ratu Elizabeth untuk memperkuat Wes Bromwich Albion.

Namun demikian, sejak 1 Juli 2021, kontraknya bersama West Brom telah resmi berakhir dan kini dia berstatus tanpa klub.

5. Ahmed Elmohamady

Ahmed Elmohamady menjadi salah satu mantan pemain Liga Inggris yang kini berstatus tanpa klub setelah kontraknya bersama Aston Villa berakhir pada 1 Juli 2021.

Bek kanan asal Mesir ini menjadi salah satu pemain yang menghabiskan sebagian besar kariernya di Liga Inggris.

Sebelum kontraknya berakhir bersama Aston Villa, dia pernah memperkuat sejumlah klub seperti Hull City dan Sunderland.

Sejumlah klub sepertinya mulai kehilangan minatnya untuk menggunakan jasa pemain berpostur 182 cm ini. Apalagi, usianya telah menginjak 34 tahun.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini