Boladunia

5 Bintang Muda yang Patut Dinantikan Kiprahnya pada Piala AFF 2020

Para bintang muda ASEAN ini patut dinantikan kiprahnya di Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi

Witan Sulaeman diperkenalkan sebagai pemain baru Lechia Gdansk. (Instagram/lechia_gdansk)
Witan Sulaeman diperkenalkan sebagai pemain baru Lechia Gdansk. (Instagram/lechia_gdansk)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain bintang muda bakal menunjukkan kiprahnya ketika tampil di ajang Piala AFF 2020 bersama negaranya masing-masing.

Pemain-pemain bintang muda ini namanya sudah melejit sejak di level klub. Mayoritas nama pemain yang muncul dalam daftar ini memang sudah meniti karier di luar negeri.

Bahkan, beberapa di antaranya juga sukses menembus kompetisi Eropa. Ada pula yang kini berstatus sebagai pemain asal klub Liga Inggris.

Tentu saja, pemain-pemain muda ini tak hanya menjadi andalan di Piala AFF 2020, tetapi juga diharapkan mampu menjadi bintang masa depan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah pemain bintang muda yang patut dinantikan kiprahnya pada Piala AFF 2020.

1. Timnas Singapura: Nur Adam Abdullah

Nur Adam Abdullah menjadi salah satu nama pemain muda yang dipanggil untuk memperkuat timnas Singapura pada Piala AFF 2020.

Sebelumnya, pemain klub Lion City Sailors itu sukses mengantarkan klubnya meraih gelar juara Liga Primer Singapura 2021.

Tak hanya itu, pemain berusia 20 tahun ini sukses menyabet penghargaan individu sebagai pemain muda terbaik Liga Primer Singapura 2021.

Tentu saja, kiprah Nur Adam Abdullah bersama skuad timnas Singapura patut dinantikan saat tampil pada Piala AFF 2020.

2. Timnas Vietnam: Tran Van Dat

Tran Van Dat menjadi salah satu pemain muda yang harus diwaspadai dari skuad timnas Vietnam pada Piala AFF 2020.

Van Dat merupakan salah satu pesepak bola muda bertalenta yang masuk dalam kategori kelahiran 1999 hingga 2000.

Meskipun usianya masih terhitung muda, tetapi Van Dat memiliki pengalaman yang melimpah. Dia juga terus berkembang menjadi sosok penyerang yang kian komplet.

Van Dat dikenal sebagai sosok yang memiliki kecerdasan di atas lapangan. Dia juga dikenal dengan pemikirannya yang cepat, kuat dalam mempertahankan bola, serta yang paling penting: penyelesaian akhirnya tajam.

3. Timnas Indonesia: Witan Sulaiman

Timnas Indonesia memiliki satu pemain muda yang akan menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong di sektor lini serang, yakni Witan Sulaeman.

Pemain muda berusia 20 tahun ini selalu menjadi andalan Shin Tae-yong, sejak di skuad timnas U-19, U-23, hingga kini timnas senior.

Sejauh ini, pemain asal Palu itu sudah mencetak dua gol sejak mencatatkan debut bersama skuad Garuda muda ketika melawan Oman pada laga uji coba internasional, 29 Mei 2021.

Masing-masing gol itu tercipta ketika timnas Indonesia melawan Taiwan pada play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Myanmar pada laga uji coba internasional.

4. Timnas Thailand: Thanawat Suengchitthawon

Salah satu bintang muda asal Thailand yang sudah mulai menapaki karier di Eropa ialah Thanawat Suengchitthawon.

Pemain berusia 21 tahun yang berposisi sebagai gelandang serang ini sudah mulai berkarier bersama klub Liga Prancis, Nancy, saat masih berusia 13 tahun.

Pada 19 September 2020, Suengchitthawon bergabung dengan klub Liga Inggris, Leicester City. Pada musim 2020/2021, dia sempat dibawa di bench ketika Leicester berhadapan dengan Manchester City.

Setelah sempat memperkuat timnas Prancis U-16 dan U-17, kini Suengchitthawon memilih untuk membela timnas Thailand senior.

Dia juga telah mencatatkan debut ketika Thailand bertanding melawan Tajikistan pada laga uji coba internasional, 29 Mei 2021.

5. Timnas Malaysia: Luqman Hakim Syamsuddin

Luqman Hakim Syamsuddin merupakan pesepak bola muda asal Malaysia yang digadang-gadang bakal bersinar di masa depan.

Sebelumnya, Luqman sudah menjadi perbincangan setelah ia mencatatkan diri sebagai top skor Piala Asia U-16 2018. Saat ini, dia tengah meniti karier di Belgia bersama KV Kortrijk.

Setelah sukses bersama timnas U-16, Luqman Hakim juga sempat menjadi andalan di skuad timnas U-20 yang diasuh oleh Brad Maloney.

Kini, dia mendapat kepercayaan dari pelatih timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, untuk tampil pada kejuaraan Piala AFF 2020.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini