Boladunia

Profil Arif Aiman Hanapi, Bintang Muda JDT Pengganti Mohamadou Sumareh

Arif Aiman merupakan bintang muda JDT yang sedang naik daun di Liga Malaysia

Irwan Febri Rialdi

Bintang muda JDT, Arif Aiman. (Dok. JDT)
Bintang muda JDT, Arif Aiman. (Dok. JDT)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, akhirnya memutuskan untuk memanggil bintang muda asal Johor Darul Takzim (JDT), Arif Aiman Hanapi, menjelang bergulirnya Piala AFF 2020.

Arif Aiman Hanapi merupakan pemain muda serbaguna yang dipanggil untuk menggantikan pemain naturalisasi timnas Malaysia, Mohamadou Sumareh, yang mengalami cedera.

Sebelumnya, Arif Aiman memang mendapat panggilan dari Tan Cheng Hoe untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Malaysia.

Namun, dia harus dicoret dari skuad Harimau Malaya karena tim pelatih khawatir pemain muda ini merasa kelelahan karena jadwal padatnya bersama klub.

Sebab, pemain sayap itu harus memperkuat JDT pada sejumlah ajang, termasuk yang terakhir Piala Malaysia 2021.

“Sebelum final Piala Malaysia, saya berbicara dengan Arif Aiman. Dia mengatakan bahwa dia siap bermain untuk timnas Malaysia,” ujar Tan Cheng Hoe dikutip dari Bernama.

“Sebagai pelatih, saya sangat senang melihat Arif Aiman bisa menjadi bagian dari timnas Malaysia untuk Piala AFF 2020,” ia menambahkan.

Profil Arif Aiman

Arif Aiman merupakan pesepak bola muda yang dihasilkan dari Program Nasional Pengembangan Sepak Bola Malaysia atau National Football Development Programme (NFDP).

Pemain kelahiran 4 Mei 2002 itu berlatih bersama NFDP mulai dari tahun 2015 hingga 2017. Setelah dari sana, Arif bergabung dengan akademi Johor Darul Takzim (JDT).

Dia bermain di seluruh level akademi, termasuk JDT IV, JDT III, JDT II, hingga menjadi pemain reguler di skuad utama Harimau Selatan, julukan JDT.

Pada tahun 2020, Arif Aiman mencetak gol debutnya untuk JDT saat menghadapi Kuching City FC pada gelaran Piala FA Malaysia.

Sementara itu, debutnya di kompetisi profesional tercipta pada ajang Liga Super Malaysia 2021. Saat itu, Arif Aiman menggantikan Safawi Rasid yang mengalami cedera saat JDT bertanding melawan UiTM.

Pada tahun yang sama, pemain berusia 19 tahun ini masuk nominasi 25 pesepak bola muda terbaik di ASEAN. 

Tahun 2021 seolah menjadi anugrah tersendiri. Sebab, Arif mendapat kesempatan untuk mencatatkan debut di ajang Liga Champions Asia 2021.

Saat dia mencatatkan debutnya di ajang elite antarklub Asia itu, sayangnya JDT harus tumbang 0-1 dari klub asal Jepang, Nagoya Grampus.

Sementara itu, Arif Aiman juga telah mencatatkan debut bersama timnas Malaysia pada 11 Juni 2012. Sejauh ini, dia telah mencatatkan dua kali penampilan bersama Harimau Malaya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini