Boladunia

Fakta Menarik Chanathip Songkrasin, Lionel Messi Timnas Thailand

Chanathip Songkrasin didapuk menjadi kapten Timnas Thailand di Piala AFF 2020.

Husna Rahmayunita

Chanatip Songkrasin (@jaychanathip/Instagram)
Chanatip Songkrasin (@jaychanathip/Instagram)

Bolatimes.com - Chanathip Songkrasin bakal menjadi kapten Timnas Thailand pada kejuaraan Piala AFF 2020. Penunjukkan ini dilakukan langsung oleh manajer, Nualphan Lamsam.

Selain menunjuk Chanathip Songkrasin menjadi kapten, timnas Thailand kini juga memiliki dua pemain yang diangkat sebagai wakilnya.

"Saya menunjuk Jay (Chanathip) Sebagai kapten tim. Siwarak Tedsungnoen dan Teerasil Dangda sebagai wakil kapten),” ujarnya.

Nualphan beralasan, Chanatip sukses menampilkan performa impresif bersama klub Liga Jepang, Consadole Sappo. Selain itu, Chanatip juga juga sudah memiliki pengalaman tampil di ajang Piala AFF.

"Dia tampil bagus di Liga Jepang bersama Consadole Sapporo. Ia juga sukses dan berpengalaman di Piala AFF," ujarnya.

"Chanatip pertama kali tampil pada Piala AFF yakni pada edisi 2012. Dia adalah sosok yang tepat menjadi kapten timnas Thailand,” lanjutnya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah fakta menarik dari Chanathip Songkrasin, pemain bintang yang ditunjuk jadi Kapten Timnas Thailand

1. Dijuluki ‘Messi-nya Thailand’

Chanathip Songkrasin mendapatkan julukan dari penggemarnya sebagai ‘Messi-nya Thailand’. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini memang sering menjadi pencetak peluang di sektor lini depan.

Chanatip dikenal memiliki kecepatan, kelincahan, serta kemampuan dribel yang mampu melewati satu hingga tiga pemain bertahan lawan.

Bahkan, kedua kakinya sama-sama kuat. Kemampuan lain yang dimiliki Chanatip ialah melepaskan sepakan keras yang akurat dari luar kotak penalti.

2. Debut di TImnas Thailand pada Usia 19 Tahun

Chanathip Songkrasin pertama kali mendapatkan kesempatan debut saat Timnas Thailand masih berada di bawah asuhan Winfried Schafer.

Saat itu, dia mencatatkan penampilan pertama pada kejuaraan Piala Raja 2012. Semenjak saat itu, pemain yang saat itu berusia 19 tahun ini langsung tampil di ajang Piala AFF 2012.

3. Dua Emas SEA Games dan Dua Gelar Piala AFF

Setelah mencatat debut di timnas senior pada usia 19 tahun, Chanatip juga berhasil moncer ketika bermain bersama timnas U-23.

Pada ajang SEA Games, misalnya, dia sukses mempersembahkan dua medali emas. Masing-masing diraih pada edisi 2013 dan 2015.

Selain ajang SEA Games, catatan impresif lainnya Chanatip di kawasan Asia Tenggara ialah meraih dua kali gelar juara Piala AFF.

Masing-masing gelar bergengsi di kawasan ASEAN itu diraih Chanatip pada edisi 2014 dan 2016.

4. Pecahkan Rekor di Piala AFF

Chanathip mendapat penghargaan individu sebagai pemain terbaik Piala AFF 2014 setelah membawa Thailand menjadi juara.

Gelar itu membuat Chanathip menjad pemain termuda di ajang Piala AFF yang meraih gelar sebagai pemain terbaik. Sebab, saat itu usianya baru menginjak 21 tahun.

Pada edisi selanjutnya, yakni Piala AFF 2016, Chanathip sukses meraih pencapaian serupa. Dia sukses meraih gelar juara sekaligus menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik.

Dengan penghargaan MVP ini, Chanathip menjadi pemain pertama yang meraih gelar pemain terbaik Piala AFF sebanyak dua kali.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini