Boladunia

Profil Scott Cooper, Eks Mitra Kukar yang Latih Filipina di Piala AFF 2020

Timnas Filipina yang bertabur pemain naturalisasi diarsiteki oleh mantan pelatih Mitra Kukar, Scott Cooper.

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Filipina, Scott Cooper. (Dok. Phil Star)
Pelatih Timnas Filipina, Scott Cooper. (Dok. Phil Star)

Bolatimes.com - Pada kejuaraan Piala AFF 2020, Timnas Filipina bakal diasuh oleh mantan pelatih yang hanya seumur jagung menangani Mitra Kukar, yakni Scott Cooper.

Scott Cooper memang bukanlah sosok pelatih baru di timnas Filipina. Sebab, dia telah bekerja bersama The Azkals sejak 14 Juni 2018.

Saat itu, dia ditunjuk sebagai caretaker. Selain itu, jabatan lainnya yang pernah dipegang oleh lelaki asal Inggris ini adalah sebagai manajer.

Bahkan, Scott Cooper juga bukanlah orang asing bagi pencinta sepak bola Indonesia. Sebab, ia pernah singgah untuk menangani Mitra Kukar pada tahun 2015.

Ketika itu, dia ditunjuk untuk menahkodai Mitra Kukar pada Indonesia Super League (ISL) 2015. Sebelum singgah bersama Naga Mekes, tiga tahun sebelumnya dihabiskan di Thailand.

Rekam jejaknya di Thailand cukup mentereng. Sebab, dia dipercaya menangani sejumlah klub besar seperti Muangthong United, Suphanburi FC, hingga Buriram United.

Ketika itu, Scott Copper diperkenalkan oleh Presiden Mitra Kukar, Endri Erawan, pada 12 Desember 2014.

Sayangnya, kebersamaan Mitra Kukar dengan mantan pelatih akademi Leicester City itu tak berlangsung lama. Sebab, dia memilih mengakhiri kontraknya lebih cepat.

Saat itu, penyebabnya ialah ketidakpastian nasib penyelenggaraan ISL 2015 karena munculnya kisruh antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan PSSI.

Akhirnya, dia memutuskan untuk angkat kaki dari Mitra Kukar pada 30 Maret 2015. Itu berarti bahwa umur kebersamaannya dengan Naga Mekes hanya berlangsung selama kurang lebih tiga bulan.

Tak lama berselang, Scott Cooper langsung diumumkan sebagai pelatih klub Thailand. Kali ini, dia menerima tantangan untuk memimpin Ubon UMT United.

Masa kerjanya bersama Ubon UMT United nyaris berlangsung selama tiga tahun. Lalu dia sempat singgah untuk menangani Police Tero FC, hingga akhirnya dipinang timnas Filipina.

Kali ini, Scott Copper mendapatkan target yang cukup tinggi bersama timnas Filipina pada Piala AFF 2020. Sebab, ia dituntut untuk membawa The Azkals meraih gelar juara.

Namun demikian, timnas Filipina bakal mendapat suntikan tenaga tambahan saat tampil di Piala AFF 2020. Pasalnya, mereka mendapat bantuan empat pemain naturalisasi.

Keempat nama yang dimaksud yakni Jasper Noholm, Bienvenido Maranon, Stefan Schrok, hingga Jefferson Tabinas.

Nama-nama pemain ini tentu diharapkan bisa memberikan bantuan ekstra kepada timnas Filipina yang tergabung di Grup A Piala AFF 2020.

Di grup tersebut, mereka bakal bersaing dengan Myanmar, Singapura, Thailand, hingga Timor Leste.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini