Boladunia

Diam-diam Sangar, Filipina di Piala AFF 2020 Dipenuhi Pemain Luar Negeri

Tak banyak digembar-gemborkan, Filipina berpotensi juarai Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi

Timnas Filipina. (pff.org.ph)
Timnas Filipina. (pff.org.ph)

Bolatimes.com - Piala AFF 2020 akan segera bergulir dalam hitungan hari. Negara-negara kontestan tengah bersiap dan tak terkecuali Timnas Filipina.

Federasi Sepak Bola Filipina sendiri sudah merilis 27 pemain untuk mentas di Piala AFF. Satu yang mencuri perhatian adalah Bienvenido Maranon yang baru saja dinaturalisasi.

Maranon saat ini bermain untuk United City yang berlaga di Liga Filipina. Ia merupakan pesepak bola kelahiran Spanyol sebetulnya. Tapi, lantaran sudah menetap di Filipina lebih dari 5 tahun, akhirnya ia bisa berpindah kewarganegaraan.

Bicara soal penampilan Maranon, pesepak bola Spanyol ini memang jadi salah satu yang mencuri perhatian di Filipina. Sebab, bersama United City, dirinya sudah membawa klub juara sebanyak 4 kali.

Lebih dari itu, Maranon juga merupakan pencetak gol sepanjang sejarah Piala AFC. Di kompetisi tingkat kedua Asia itu, dirinya sudah mencetak 35 gol.

Kendati Piala AFF akan menjadi  pertama kalinya bagi Maranon berlaga bersama Timnas Filipina, tetapi itu tak membuatnya jadi kikuk. Pengalaman pemain berusia 35 tahun itu bisa menjadi sangat penting dalam skuad Azkals.

Nama lain yang jadi akan menjadi andalan Filipina ialah kapten tim, Stephan Schrock. Pemilik nama terakhir terkenal karena pernah bermain di Bundesliga bersama Hoffenheim dan Eintracht Frankfurt. Selain itu ada nama-nama yang sudah berpengalaman seperti Patrick Reichelt , Iain Ramsay dan Amani Aguinaldo.

Pelatih Filipina Scott Cooper juga tidak takut untuk menaruh kepercayaannya pada pemain muda dengan memanggil sembilan pemain dari Tim Pengembangan Azkals, yang pada dasarnya adalah tim kelompok usia nasional yang juga berpartisipasi sebagai klub di PFL yang merupakan kompetisi antar pemuda.

Oh, ya, Filipina juga akan diperkuat oleh  dua pemain yang berkiprah di luar negeri yang akan mewakili mereka untuk pertama kalinya. Pemain-pemain tersebut adalah bek Djurgardens Jesper Nyholm dan gelandang berusia 23 tahun, Harry Foll, yang saat ini bermain di Liga Jerman bersama Villingen.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini